English English Indonesian Indonesian
oleh

Georgia Cetak Sejarah, Lolos ke Piala Eropa untuk Kali Pertama, Ini Kata Satu-satunya Pemain Bintangnya

FAJAR, TBILISI—Tim underdog Georgia membuat sejarah dengan mengalahkan Yunani dan lolos ke Piala Eropa 2024. Ini kali pertama mereka mampu tembus ke Piala Eropa dan turnamen besar pertama yang akan mereka ikuti.

Georgia meraih tiket ke Jerman dengan kemenangan 4-2 dalam drama adu penalti di final playoff Jalur C setelah kedua negara imbang 0-2 sepanjang 120 menit.

Mantan pemain Bayern Munchen Willy Sagnol adalah pelatih yang sukses memimpin Georgia membuat keajaiban untuk negara berpenduduk 3,7 juta jiwa itu.

Pemain mereka yang paling terkenal dan satu-satunya bintang mereka adalah Khvicha Kvaratskhelia, gelandang serangi klub Serie A Napoli.

Setelah kemenangan melawan Yunani, dia mengatakan kepada 1TV Sport seperti dikutip dari DW Sports: “Beberapa orang tidak percaya pada kami tetapi sekarang mereka akan mempercayainya. Kami bahagia. Saya tidak pernah merasakan emosi seperti itu dalam hidup saya.”

Georgia akhirnya berhasil mencapai turnamen besar pada upayanya yang ke-15. Dan sang pemain mengucapkan terima kasih untuk dukungan penggemar mereka.

“Terima kasih kepada fans Georgia. Saya sudah bermain di banyak stadion tapi saya belum melihat dukungan seperti itu di mana pun. Anda adalah faktor terpenting,” kata Kvaratskhelia.

Di Euro 2024 Georgia akan berada di Grup F bersama Portugal, Turki, dan Republik Ceko.. (amr)

News Feed