English English Indonesian Indonesian
oleh

Senyum Itu Menular

dr. Zakaria, Sp.PD., lebih spesifik lagi saat menanggapi dengan mengajak kita berdiri di depan cermin dan memperhatikan dengan baik bahwa saat tersenyum akan sangat berbeda ketika wajahnya datar tanpa senyum. Setiap senyuman membuat beberapa gerakan otot di sekitar mulut dan pipi sehingga ikut menarik jaringan di bawah kulit, yang membuat kulit tambah kencang. Efeknya kata Pak Dokter, orang yang sering tersenyum akan tampak lebih muda, yang pasti lebih muda dari neneknya. Dan ternyata menurut Hasvan Murphy, Bankir Senior, frontliner pada layanan jasa mengenal doktrin senyum 277: 2 cm. kiri kanan, 7 gigih yang terlihat, dan durasinya 7 menit, maaf maksud saya, 7 detik.

Kata Ibu Nadia, senyum itu adalah satu-satunya olahraga yang tidak memerlukan biaya, tenaga, dan ruang. Itulah, kata founder Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, saat merespon tentang pentingnya senyum, beliau menghubungkan mengapa Pemerintah Singapura pernah membuat kampanye senyum untuk warganya. Mungkin karena kata Prof. Barsihannoor, senyum itu bisa menjadi media konsolidasi sosial.

Terakhir, apa kata Merilyn Monroe, Ikon Budaya Pop era 50an sampai 60an. Sambil menampilkan senyum terbaiknya, dia bertitah: “a smile is the best makeup any girl can wear.” Dan saya menutup dari refleksi dangkal saya. “Titik temu kehidupan ini rupanya terdapat pada hal yang paling sederhana, senyum.” (10/*)

News Feed