English English Indonesian Indonesian
oleh

287 Siswa Muslim Dibebaskan 2 Minggu Setelah Diculik di Nigeria

FAJAR, KURIGA—Setelah diculik selama dua minggu, 287 siswa muslim di Nigeria akhirnya dibebaskan. Pejabat setempat mengkonfirmasi hal itu pada Minggu.

Anak-anak tersebut diculik dari sekolah mereka di negara bagian Kaduna di barat laut dan dibawa ke hutan pada 7 Maret. , Setidaknya 100 di antaranya berusia 12 tahun ke bawah.

Gubernur negara bagian Kaduna Uba Sani tidak memberikan rincian mengenai pembebasan 287 siswa yang diculik dari sekolah mereka di kota terpencil Kuriga pada tanggal 7 Maret.

Dalam sebuah pernyataan, ia hanya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Nigeria Bola Tinubu yang secara khusus memastikan bahwa anak-anak sekolah yang diculik dibebaskan tanpa cedera.

Tinubu telah bersumpah untuk menyelamatkan anak-anak tersebut tanpa membayar sepeser pun sebagai tebusan. Namun uang tebusan biasanya dibayarkan untuk kasus penculikan, sering kali diatur oleh keluarga, dan jarang ada pejabat di Nigeria yang mengakui pembayaran tersebut.

“Saya menghabiskan malam-malam tanpa tidur bersama penasihat keamanan nasional, Mal. Nuhu Ribadu… menyempurnakan strategi dan mengoordinasikan operasi badan keamanan, yang pada akhirnya membuahkan hasil yang sukses,” kata Gubernur Kaduna dikutip dari VOA.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas penculikan di Kaduna, yang menurut penduduk setempat dilakukan oleh kelompok bandit yang terkenal melakukan pembunuhan massal dan penculikan untuk mendapatkan uang tebusan di wilayah utara yang dilanda konflik, sebagian besar dari mereka adalah mantan penggembala yang berkonflik dengan masyarakat menetap.

News Feed