English English Indonesian Indonesian
oleh

Desa BRIlian di Pesisir Pangkep, Jaga Lingkungan Hingga Perekonomian Masyarakat

FAJAR, PANGKEP- Pemberdayaan masyarakat desa dilakukan sejak 2021 di oleh BRI Cabang Pangkep di Desa Pitue, Kecamatan Ma’rang. Meski letaknya yang terbilang cukup jauh dari pusat Ibu Kota Kabupaten Pangkep. Masyarakat desa ini bersyukur tersentuh program pemberdayaan desa lewat Desa BRIlian.

Desa Pitue merupakan salah satu desa di Kabupaten Pangkep yang terletak di wilayah pesisir. Mayoritas penduduk di desa ini berprofesi sebagai nelayan. Letak geografisnya yang berada di pesisir, memberi perhatian lebih untuk mitigasi dari ancaman abrasi bagi permukiman penduduk di Desa Pitue ini.

Kepala Desa Pitue, M Nasrul Munir menjelaskan bahwa, pemberdayaan BRI untuk masyarakat di Desa Pitue sangat dirasakan. Berbagai bantuan disalurkan. Tidak hanya untuk mendukung perekonomian masyarakat semata. Namun juga menaruh perhatian besar untuk keberlanjutan lingkungan hidup di sekitarnya agar tetap terjaga dan lestari.

“Jadi salah satu yang dilakukan untuk lingkungan lewat program Desa BRIlian yang sudah berjalan di desa kami yaitu penanaman pohon pada 2022 lalu dilakukan penanaman pohon itu dan sampai sekarang kita jaga. Masyarakat juga berperan aktif menjaganya karena langsung ditanam di halaman rumah warga jadi berperan langsung,” paparnya, Kamis, 21 Maret.

Apalagi pohon yang ditanam juga termasuk tanaman produktif, seperti pohon sukun, rambutan, durian dan mangga.

“Meski belum berbuah. Tetapi kita optimis nanti kita bisa mulai panen setelah lima tahun. Syukurnya juga karena yang ditanam ini adalah termasuk tanaman yang produktif. Jadi kita tunggu nanti akan dipanen hasilnya, seperti sukun,” bebernya.

News Feed