English English Indonesian Indonesian
oleh

Ketum Kadin Sulsel Atensi Pemertahanan Pertumbuhan Ekonomi di Triwulan II

FAJAR, MAKASSAR — Ekonomi Sulsel alami pertumbuhan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Maka dari itu Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Ketum Kadin) Sulsel berikan beberapa strategi pemertahanan pertumbuhan ekonomi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, Aryanto menuturkan, bahwa meskipun saat ini perekonomian dunia sedang tidak baik-baik saja. Namun pihaknya mencatat ekonomi Sulsel triwulan I mengalami pertumbuhan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

“Jadi ekonomi triwulan 1 2024 terhadap triwulan I 2023 mengalami pertumbuhan sebesar 4,82 persen (yoy),” ujarnya, Rabu, 8 Mei 2024.

Lebih lanjut ia mengatakan, pertumbuhan tersebut ditopang dari sisi produksi. Di mana lapangan usaha jasa lainnya mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 18,30 persen. 

Ketum Kadin Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras menuturkan, bahwa tren positif pertumbuhan ekonomi ini mesti terus dijaga dengan baik. Maka dari itu beberapa faktor yang dapat menopang pertumbuhan ekonomi tersebut yang mesti terus dioptimalkan, antara lain, peningkatan konsumsi pada PK-LNPRT.

“Tren positif ini dapat berlanjut jika masyarakat terus memiliki keyakinan yang tinggi terhadap ekonomi dan termasuk memiliki kemampuan untuk meningkatkan pengeluaran mereka,” tuturnya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini juga mengatakan, untuk pertumbuhan pada lapangan usaha jasa lainnya yang signifikan dapat berlanjut jika terus ada permintaan yang tinggi terhadap beberapa jasa-jasa.

“Jasa yang dimaksud seperti jasa konsultasi, jasa logistik, dan jasa teknologi informasi,” tuturnya.

News Feed