English English Indonesian Indonesian
oleh

Primaya IVF Makassar Edukasi Cara Cepat Hamil, Hadirkan Selebritis Rifky Balweel dan Istri

Dokter Obgyn Primaya IVF Makassar, Dr Samrichard Rambulangi, SpOG Subsp FER, mengatakan, bahwa salah satu faktor penyebab sulit hamil adalah hidrosalping.

Hidrosalping, kata dia, paling sering terjadi di bagian fimbriae tuba yang terletak persis di sebelah ovarium.

“Meski demikian, hidrosalping dapat terjadi di ujung lain tuba, yakni di bagian ismus yang bersambungan dengan rahim,” jelasnya.

Faktor lainnya adalah penyakit radang panggul, hingga PCOS atau gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur.

Ketika menghadapi berbagai faktor sulitnya hamil, disarankan mengikuti program hamil, salah satunya bayi tabung.

Dokter Andrology Primaya IVF Makassar, dr Rahmawati Thamrin, SpAnd, mengatakan, sulitnya memiliki momongan, salah satu penyebabnya adalah menurunnya kesuburan.

“Kesuburan ini menurun karena beberapa faktor seperti, usia, lama pernikahan, frekuensi senggama, emosi, dan gaya hidup,” ucapnya.

Faktor-faktor lainnya dapat berasal dari faktor istri misalnya gangguan haid, miom, kista, dan sumbatan saluran telur. Kalau faktor suami di antaranya kelainan sperma dan gangguan pengeluaran sperma. 

“Angka infertilitas antara laki-laki dan perempuan sama sebenarnya, malah semakin tahun itu angka ketidaksuburan pada pasangan itu semakin meningkat,” ucapnya.

Kata dia, bahkan persentase seimbang antara suami dan istri sama angka ketidaksuburan. Makanya alternatif terakhir paling memungkinkan untuk memiliki buah hati adalah dengan melakukan program bayi tabung.

“Itu juga dilihat dari usia pernikahan. Jika usia perkawinan sudah lama dan tak kunjung dikaruniai buah hati misalnya,” tuturnya.

News Feed