English English Indonesian Indonesian
oleh

Simposium dan Workshop Dokter THT untuk Tingkatkan Pengetahuan dan Skill

FAJAR, MAKASSAR- Simposium dan Workshop Dokter THT (7th Head and Neck Conference) Makassar 2024 berlangsung di Claro Hotel Makassar, Kamis, 2 Mei. Acara tersebut dijadwalkan berlangsung hingga 4 Mei 2024.

Rangkaian kegiatan tersebut sudah dimulai dari agenda workshop Neck Dissection yang berlangsung di Laboratorium Anatomi Unhas, Rabu, 1 Mei.

Ketua Pelaksana Simposium dan Workshop Dokter THT, Dr. dr. Nani I. Djufri, Sp. THTBKL., Subsp.Onk(K), FICS menjelaskan bahwa acara ini dimulai dengan serangkaian workshop.

“Workshop pertama, kita lakukan di kadaver. Jadi kita melakukan seperti operasi dengan menggunakan kadaver,” jelasnya saat ditemui di Hotel Claro, Kamis, 2 Mei.

Pada hari kedua dilaksanakan tiga agenda workshop yaitu, Office Procedures for GP, Office Procedures Otology, dan Chemotherapy.

Menurut dr Nani, workshop pertama yang diikuti dokter umum yakni penanganan epistaksis. Selain itu, pengenalan terhadap organ hidung dan pemeriksaan terkait.

Kemudian, pemeriksaan kelenjar liver dalam hubungannya dengan kanker. “Ada lagi workshop tentang telinga. Jadi, keluhan-keluhan yang ada dalam telinga itu bisa diatasi,” ungkapnya.

Workshop lainnya mengenai kemoterapi, kata dr Nani, kemoterapi merupakan bagian dari pekerjaan seorang dokter onkologi.

“Ini salah satu tugas dokter onkologi yakni dengan melakukan kemoterapi selain operasi. Jadi, workshop di atas merupakan tugas-tugas THT,” bebernya.

Tujuan dari acara ini menurutnya, tidak hanya meningkatkan pemahaman ilmiah, tetapi juga keterampilan praktis dari para peserta. Termasuk membekali sejumlah pengetahuan tentang perkembangan terbaru dalam bidang kedokteran, seperti penggunaan teknologi yang lebih modern.

News Feed