English English Indonesian Indonesian
oleh

Unifa PTS Terbaik Tiga di Sulsel


Versi Webometrics

FAJAR, MAKASSAR— Sulsel merupakan salah satu kiblat pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya di kawasan timur. Perguruan tinggi terus berbenah dan bearlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen.

Tak hanya perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swsta juga punya kontribusi penting dalam pengembangan dunia pendidikan. Seiring perkembangan zaman, urutan peringkat sebuah perguruan tinggi menjadi indikator penting dalam menilai kualitas pendidikan tinggi.

Salah satu lembaga yang sering dijadikan acuan adalah Webometrics, yang secara khusus mengevaluasi kualitas perguruan tinggi di dunia. Menurut Webometrics, tiga besar kampus swasta terbaik di Sulsel 2024 di antaranya adalah Universitas Fajar (Unifa).

Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Andi Lukma mengatakan dari penilaian Webometrics,tiga urutan kampus swasta terbaik di Sulsel adalah Universitas Muslim Indonesia (Rangking 93 Se-Indonesia), Universitas Muhammadiyah Makassar (Rangking 119 Se-Indonesia) dan Universitas Fajar (Rangking 284 Se-Indonesia).

“Tiga Universitas ini dinilai baik dari segi promosi, jurnal, publikasi hingga karya-karya yang selalu bisa dilihat orang banyak,” ujarnya.

Terpisah Rektor Unifa, Dr Mulyadi Hamid mengatakan Unifa tergolong muda jika dibandingkan dengan UMI dan Unismuh Makassar. Selama ini, kata dia, Unifa dikenal karena jaringannya yang luas sehingga lulusannya cepat terserap di berbagai lapangan kerja, juga karena konsistensinya pada visi menjadi enterpreneur university.

Menurut dia, peringkat ini, menjadi cerminan dari komitmen dan upaya keras kampus-kampus swasta di Sulsel dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Kemudian, mampumemberikan kontribusi bagi pembangunan masyarakat dan bangsa.

News Feed