English English Indonesian Indonesian
oleh

Stroberi Pemutih Gigi Alami

FAJAR,MAKASSAR–Banyak orang ingin memiliki gigi putih agar kepercayaan diri semakin tinggi. Olehnya, tak sedikit yang mengeluarkan budget jutaan sekali perawatan.

Padahal, ada banyak cara alami yang murah dan sehat untuk memutihkan gigi. Seorang dokter gigi di Makassar drg Nurlindah Hamrun MKes menemukan jika buah stroberi terbukti ampuh membuat gigi putih.

Dalam penjelasannya, dalam metode pemutihan gigi yang biasa dilakukan seperti in office bleaching (dilakukan dalam pengawasan dokter gigi) maupun home bleaching (dilakukan di rumah secara mandiri), bahan pemutih gigi yang biasa dipakai adalah hidrogen peroksida dan karbamid peroksida.

Karbamid peroksida dengan konsentrasi 10 persen hingga 22 persen adalah bahan pemutih gigi yang paling banyak digunakan secara home bleaching. Perawatan gigi secara mandiri dapat menggunakan stroberi.

“Dari penelitian yang pernah ada, ternyata stroberi mampu secara
efektif untuk meningkatkan kecerahan email. Peningkatan kecerahan warna gigi pada kelompok stroberi disebabkan oleh adanya reaksi oksidasi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jika stroberi memiliki kandungan asam alegat dan asam malat yang keduanyamemiliki peran masing-masing dalam proses perubahan warna email.

Salah satu bahan alami tersebut memiliki efek yang lebih baik dalam memutihkangigi adalah buah stroberi karena memiliki kandungan asam ellegat (ellagic acid) dan asam malat (melic acid).

Kedua kandungan tersebut terbukti bisa merubah warna pada email gigi yang mengalami diskolorisasi. Stroberi juga mengandung pektin, serat alami yang berfungsi sebagai self cleansing yang dapat membantu membersihkan plak pada permukaan gigi.

News Feed