English English Indonesian Indonesian
oleh

Beras Ketan Hitam Tingkatkan Ketajaman Mata

FAJAR, MAKASSAR- Beras ketan hitam memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya mengandung senyawa Antosianin yang bagus untuk mata.

Dosen Farmasi Universitas Hasanuddin, Abdul Rahim, menuturkan, senyawa Antosianin yang terkandung membantu meningkatkan ketajaman mata.

Antosianin adalah tumbuhan pigmen memberikan warna merah, biru, dan ungu dalam berbagai macam tanaman yang termasuk dalam kelompok flavonoid.

“Ekstrak senyawa antosianin telah dilaporkan meningkatkan ketajaman penglihatan,” ujarnya.

Selain itu, beras ketan mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin dalam jumlah tinggi. Dua jenis karotenoid ini sangat berhubungan dengan kesehatan mata.

Senyawa ini bekerja sebagai antioksidan untuk membantu melindungi mata dari radikal bebas yang berpotensi merusak mata. Selain itu, lutein dan zeaxanthin telah terbukti membantu melindungi retina dengan menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya.

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan ini mungkin memainkan peran penting dalam melindungi degenerasi makula terkait usia (AMD), yang merupakan penyebab utama kebutaan di seluruh dunia. Juga dapat menurunkan risiko katarak dan retinopati diabetik.

Selain bagus untuk mata, dosen Farmasi ini menyebutkan bahwa beras ketan hitam memiliki aktivitas antioksidan dan pemulung radikal, antimutagenik, anti inflamasi, anti hiperlipidemia, dan antikarsinogenik.

Kaya Antioksidan

Beras ketan hitam (Oryza sativa Linn.var ketan) merupakan variasi beras yang banyak tumbuh di daerah di Sulsel. Kaya antioksidan.

News Feed