English English Indonesian Indonesian
oleh

Stroberi Pemutih Gigi Alami

“Asam elagat berperan sebagai oksidator kuat. Bahan oksidator ini mempunyai kemampuan untuk merusak molekul-molekul zat warna, melalui reaksinya dengan oksigen bebas yang dilepaskan, sehingga warnamenjadi netral dan menyebabkan terjadinya efek pemutihan,” jelasnya.

Sementara asam malat terlibat dalam proses erosi. Asam-asam tersebut dapat mengikat kalsium pada email gigi dan menimbulkan kristal porositas yang berpengaruh terhadap terjadinya erosi gigi dan menurunkan kekerasan permukaan email.

Secara teori dapat dikatakan jika penurunan kekerasan email gigi disebabkan oleh asam yang terkandung dalam buah stroberi. Namun, yang memiliki pH lebih rendah masih dapat digunakan untuk
mencegah erosi permukaan email dan memutihkan gigi.

Minuman Memicu
Gigi Kuning

WARNA gigi yang kuning atau bahkan kecoklatan dapat
menurunkan rasa percaya diri dan dapat mengurangi keindahan dari penampilan seseorang. Ternyata, gigi kuning bisa disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi. Sebutlah kopi dan teh.

Dokter Gigi drg Nurlindah Hamrun mengatakan perubahan warna gigi disebabkan oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik. Perubahan warna gigi karena faktor ekstrinsik disebabkan oleh konsumsi minuman.

Sebut saja seperti teh, kopi, minuman berkarbonasi, stain nikotin, obat kumur klorheksidin, serta larutan yang dapat meninggalkan warna pada permukaan email.

Sementara perubahan warna gigi karena faktor intrinsik umumnya disebabkan oleh penyakit sistemik, gigi nekrosis, penggunaan antibiotik tetrasiklin, defisiensi nutrisi dan genetik.

News Feed