English English Indonesian Indonesian
oleh

Mi Daun Kelor Lebih Sehat

FAJAR, MAKASSAR–Mi merupakan makanan favorit anak-anak
dan remaja bahkan orang dewasa sekalipun. Akan tetapi, mengonsumsi mi terlalu sering dan dalam jangka panjang bisa membahayakan kesehatan.

Olehnya, dibutuhkan suatu alternatif mi sehat yang berbahan dasar alami. Salah satunya mi dari daun kelor.

Dosen Farmasi Universitas Muslim Indonesia, Aminah menuturkan, mi berbahan dasar kelor baik untuk kesehatan karena punya segudang manfaat.

Daun kelor selain sebagai sayur dikenal memiliki khasiat sebagai tanaman obat. Dirinya merancang formula makanan yang digemari yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, terutama kalsium dan bagus untuk tulang.

“Salah satu tanaman yang memiliki kandungan gizi yang sangat
tinggi dan bisa dimanfaatkan adalah daun kelor. Di seluruh dunia, tanaman kelor dikenal sebagai tanaman
bergizi,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, WHO telah memperkenalkan kelor sebagai salah satu tanaman alternatif untuk mengatasi masalah gizi. Menurutnya, daun kelor memiliki gizi yang tinggi, khasiat dan manfaatnya banyak, sehingga kelor mendapatkan julukan Mother’s Best Friend and Miracle Tree.

Tanaman kelor bisa diolah dan dimanfaatkan untuk menjaga stamina tubuh sehingga tetap sehat dalam beraktivitas, melalui mi daun kelor.
“Daun kelor merupakan tanaman yang kaya akan gizi seperti zat besi, kalium, kalsium, protein, karbohidrat, lemak, seng, serat, vitamin dan lain-lain,” tambahnya.

Kalsium berfungsi membangun kesehatan tulang dan gigi, membantu pembuluh darah memindahkan darah ke seluruh tubuh. Membantu pelepasan hormon dan enzim yang mempengaruhi hampir setiap fungsi dalam tubuh manusia. (/lin)

News Feed