English English Indonesian Indonesian
oleh

Beras Ketan Hitam Tingkatkan Ketajaman Mata

Dosen Farmasi Unhas, Abdul Rahim, mengungkap jika dibandingkan dengan varietas beras berpigmen lainnya seperti beras merah, beras ketan hitam punya kandungan antioksidan tinggi dibanding lainnya.

Manfaat antioksidan bagi tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan adalah zat yang punya peranan penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas berlebih.

Radikal bebas adalah zat yang terbentuk secara alami berasal dari luar tubuh, misalnya polusi udara, asap rokok, pestisida, atau obat-obatan, yang bahaya bagi kesehatan.

Dosen Gizi Universitas Hasanuddin, Safrullah Amir, mengungkap bahwa paparan radikal bebas secara berlebihan dan terus-menerus bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini dan beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan demensia.

Oleh sebab itu, tubuh memerlukan antioksidan, misal dari beras ketan hitam untuk melawan efek dari paparan radikal bebas tersebut. Pasalnya tubuh menerima banyak sekali radikal bebas dari luar seperti asap rokok, udara yang buruk, obat-obatan yang jika berlangsung lama berbahaya bagi kesehatan tubuh. (*/lin)

News Feed