English English Indonesian Indonesian
oleh

Tak Juara Piala Asia dan Pemain Bintangnya Cekcok, Korsel Pecat Jurgen Klinsmann

FAJAR, SEOUL—Korea Selatan memecat Jurgen Klinsmann setelah mereka gagal secara mengecewakan di Piala Asia 2023.

Tim yang sempat tampil apik di Piala Dunia 2022 itu berstatus favorit juara, namun kalah dari Jordania di semifinal.

Keributan antara anggota skuat, termasuk kapten Spurs Son Heung-min dan pemain Paris Saint-Germain Lee Kang-in, menambah masalah Klinsmann.

Pada akhirnya, pelatih asal Jerman itu harus melepas jabatannya. “Kami telah mencapai konsensus bahwa Klinsmann tidak dapat menjalankan kepemimpinannya sebagai pelatih kepala tim nasional karena berbagai alasan dan perubahan kepemimpinan diperlukan,” kata Hwangbo Kwan dari Asosiasi Sepak Bola Korea dikutip dari Express.

Klinsmann mengambil alih jabatan Paulo Bento pada Februari 2023, memulai dengan baik dengan kemenangan atas Bahrain tetapi kesulitan di pertandingan berikutnya.

Pertandingan grup pertama adalah satu-satunya yang berhasil dimenangkan tim Klinsmann dalam waktu 90 menit. Mereka harus mengandalkan adu penalti melawan Arab Saudi di babak 16 besar, dan gol perpanjangan waktu dari Son membantu mereka mengalahkan Australia di perempat final.

Meskipun berada di peringkat 64, Jordania mengalahkan Korsel dengan skor 2-0 untuk melaju ke final di mana mereka dikalahkan oleh tuan rumah Qatar.

“Klinsmann telah gagal menunjukkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang diharapkan dari seorang pelatih kepala nasional di berbagai bidang mulai dari taktik dan manajemen personel hingga sikap kerja dan hal-hal lain yang diperlukan untuk menghasilkan daya saing dalam tim,” kata presiden KFA dalam pernyataan yang mengonfirmasi kepergian Klinsmann.

News Feed