English English Indonesian Indonesian
oleh

Perumnas Salurkan Bantuan Alat Produksi untuk UMK

FAJAR, JAKARTA- Perum Perumnas kembali mendukung Usaha Mikro Kecil (UMK) Indonesia melalui penyaluran bantuan alat produksi usaha selama 2023. Perumnas terus berupaya untuk aktif dalam mendorong perputaran perekonomian UMK.

Dukungan ini merupakan salah satu program Tangung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perumnas kepada pelaku usaha untuk menampilkan produk-produk terbaiknya. Sepanjang tahun 2023, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perumnas telah memberikan program-program yang bermanfaat berupa alat bantu produksi kepada 10 pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya di area Jabodetabek, Karawang, Sukabumi, Demak, Pemalang, Magelang (Borobudur), Garut, dan Semarang.

Sejalan dengan Kementerian BUMN, Perumnas berupaya mendorong para pelaku umk untuk semakin berkembang. Program ini tidak hanya mencerminkan peran Perumnas dalam mendukung UMK, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi nyata dalam menghadirkan peluang bagi pelaku usaha untuk unjuk kebolehan dan menghasilkan produk terbaiknya.

Dukungan ini sejalan dengan komitmen Perumnas untuk menjadi agen perubahan positif dalam ekosistem UMK. Alat bantu produksi yang disalurkan Perumnas diantaranya mesin jahit, mesin obras, mesin pemanggang roti/bakery, alat produksi mebel, mesin laundry, mesin kasir, rak display dan peralatan produksi lainnya. 

Salah satu umkm binaan Perumnas yang fokus pada kerajinan tangan memproduksi pakaian batik Cirebon adalah Yunas Batik. “Saya telah menjadi mitra binaan UMK Perumnas selama 3 tahun terakhir dan dalam hal ini Perumnas sudah mendukung usaha saya dalam beragam program, seperti alat bantu produksi usaha mesin jahit, pameran lokal, serta pameran tingkat nasional di Inacraft 2023 dan pameran kancah internasional pada side event KTT ASEAN 2023,” papar Yunus selaku pemilik usaha Yunas Batik. 

News Feed