English English Indonesian Indonesian
oleh

Hukum Unhas Penguatan Kerja Sama Internasional

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin menyelenggarakan acara penandatanganan kerjasama dengan Universitat Der Bundeswehr Munchen Germany di Ruang Moot Court Harifin Tumpa, Kamis, 15 Februari 2024. Dalam kesempatan ini, tiga jenis dokumen ditandatangani: Memorandum of Understanding (MoU) pada tingkat universitas, Memorandum of Agreement (MoA) pada tingkat fakultas, dan Implementation Agreement pada tingkat program studi.

Penandatanganan dilakukan perwakilan Universitat Der Bundeswehr Munchen Germany, yaitu Prof Stefan Koos, dan Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Hamzah Halim.

Pada tingkat strata 1, Implementation Agreement ditandatangani oleh Ketua Program Studi S1 Ilmu Hukum Muhammad Ilham Arisaputra dan Ketua Program Studi S1 Hukum Administrasi Negara Hijrah Adhyanti Mirzana.

Sementara itu, pada level pascasarjana, ditandatangani oleh Ketua Program Studi S2 Ilmu Hukum Prof Hasbir Paserangi dan Ketua Program Studi Kenotariatan Prof HM Arfin Hamid. Pada tingkat doktoral, penandatanganan dilakukan oleh Ketua Program Studi S3 Ilmu Hukum Prof Marwati Riza.

Penandatanganan kerja sama ini diharapkan dapat membangun hubungan dan menjadi wadah bagi kedua universitas untuk meningkatkan kolaborasi di berbagai bidang tridharma perguruan tinggi.

Selain penandatanganan kerjasama, diadakan juga Studium Generale dengan tema “Challenge for the Law in The Digital Globalization: Relation between Technology, Sovereignty and Law.”

Kuliah ini dipresentasikan oleh Prof Stefan Koos, Professor of Civil Law and International Business Law dari Universitat Der Bundeswehr Munchen Germany. Acara ini dimoderatori oleh Kadaruddin, Sekretaris Departemen Hukum Internasional Fakultas Hukum Unhas. Kegiatan ini dihadiri oleh 70 peserta, baik yang hadir secara langsung maupun melalui media zoom.

News Feed