English English Indonesian Indonesian
oleh

Antisipasi Petugas TPS Tumbang, Diskes dan Biddokkes Polres Maros Berikan Layanan Kesehatan Gratis

FAJAR, MAROS– Para petugas pelaksana pemilu di Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, menjalani pemeriksaan kesehatan gratis, Kamis, 15 Februari. Pelayanan kesehatan ini dilakukan untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah petugas pelaksana pemilu yang tumbang saat bertugas. Ini merupakan kerjasama antara tim Dokkes Polres Maros dengan Dinkes Maros.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan pelayan kesehatan ini dilakukan untuk mengecek kondisi tubuh para petugas. “Dilakukan pengecekan tekanan darah, pemberian vitamin dan obat-obatan,”jelasnya.

Chaidir mengatakan hingga kini tercatat sudah ada 10 nakes di Kabupaten Maros yang tumbang akibat kelelahan saat bertugas. Bahkan tiga diantaranya harus dirujuk ke RSUD dr La Palaloi, RS Bhayangkara dan RS Pelamonia Makassar. “Tiga dirujuk, sementara tujuh lainnya dirawat di Puskesmas dengan pelayanan terbaik, gratis ditanggung Pemda Maros,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Maros,dr Muhammad Yunus mengatakan ada empat dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan di Kantor camat Lau. Dua diantaranya merupakan dokter dari Dokkes Polres Maros. “Kita juga di backup dari dokter Klinik Anindhita Polres Maros,”sebutnya.

Pelayanan ini sengaja dihadirkan bertepatan dengan pengumpulan logistik di Kantor Kecamatan. “Jadi di tiap kecamatan ada, karena hari ini kan pengumpulan surat suara tingkat kecamatan. Nanti kalau sudah dikumpulkan ke KPU, nakes akan standby disana untuk mengecek kesehatan petugas. Kita mengikuti sasaran,” jelasnya.

Sebelum pelaksanaan pemilu, kata dia, screening kesehatan petugas sudah dilakukan. Bahkan, para petugas juga sempat ikut senam bersama. “Ya tapi mungkin karena faktor kelelahan, telat makan dan kurang mengonsumsi air putih jadi ada yang tumbang,” pungkasnya. (rin/*)

News Feed