English English Indonesian Indonesian
oleh

Penerimaan Pajak Sulsel Tumbuh 4,6 Pesen. Ini Capaiannya

FAJAR, MAKASSAR — Kinerja penerimaan pajak Sulsel mencapai Rp13,3 triliun selama 2023 atau 103,88 persen. Dengan target penerimaan pajak sebesar Rp12,88 triliun.

Kinerja penerimaan pajak Sulsel dibandingkan tahun lalu tumbuh 4,6 persen.Kepala Kanwil DJPb Sulsel, Supendi mengatakan bahwa terdapat perubahan target pajak nasional pada Perpres 75/2023 yang berdampak pada perubahan target penerimaan Sulsel.

Menurut Supendi, pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) tetap tumbuh cukup siginifikan sebesar 22,48 persen, dengan realisasi sebesar Rp6,48 triliun dari target Rp5,82 triliun.

“Ini disebabkan oleh efek pertumbuhan ekonomi yang semakin baik dan peningkatan harga komiditas serta penyesuaian tarif PPN 11 persen,” katanya.

Kepala Bidang DP3, Kanwil DJP Sulselbartra, Soebagio menambahkan bahwa selain PPN dan PPnBM, PBB P5L juga mengalami pertumbuhan sebesar 25,55 persen, sedangkan jenis penerimaan lainnya mengalami pertumbuhan negatif dibanding tahun sebelumnya.

Kinerja penerimaan pajak sampai dengan Desember 2023 per sektor usaha pada Sulsel mencapai Rp13,38 triliun atau tumbuh sebesar 16 persen tanpa PPS dan 4,6 persen dengan PPS.

“Penerimaan pajak, utamanya ditopang dari sektor administrasi pemerintahan, perdagangan, pertambangan, industri pengolahan, dan transportasi,” ucapnya. (ams-sae)  

News Feed