English English Indonesian Indonesian
oleh

Peserta Pemilu (Tetap) Abai pada Komunitas Rentan di Sulawesi Selatan 

Sharyn Graham Davies mengungkapkan hal itu dalam bukunya bertajuk Gender Diversity in Indonesia: Sexuality, Islam and Queer Selves. Menurut Davies, masyarakat Suku Bugis mengenal lima macam gender, laki-laki, perempuan, calabai, calalai, dan bissu, yang memiliki perbedaan pada konstruksi gender, khususnya pada sikap dan perilaku yang disematkan pada jenis kelaminnya, termasuk pada perasaan yang dimilikinya. 

Carsel mengungkapkan, konstruksi gender tersebut masuk dalam konstruksi budaya yang lahir dari masyarakat. Bukan hukum negara. 

”Di Sulsel kita kan mengenal calabai dan sebagainya. Tetapi berdasarkan cipta, rasa dan karsa masyarakat, pasti akan ada hukum natural dan sebagainya. Itu mempengaruhi kondisi sosial mereka, karena tercipta dari budaya dinamisme dan animisme, bukan berdasarkan hukum agama dan hukum negara,” terang Carsel.

Dalam praktik berdemokrasi, nyatanya komunitas rentan seperti transpuan tetap saja dapat tempat. Hanya saja, porsinya sedikit. Tidak banyak yang ingin memperjuangkan mereka, terlebih lagi secara kelompok.

News Feed