English English Indonesian Indonesian
oleh

Dies Natalis Ke-28 FIKP Unhas, Rektor: Tingkatkan Kontribusi Peningkatan SDM Kelautan Perikanan

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin memperingati Dies Natalis ke-28 dengan suasana hikmat dihadiri oleh seluruh sivitas akademika. Momentum tahun ini berlangsung mulai pukul 09.30 Wita di Gedung FIKP, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Senin (29/01).

Hadir dalam kegiatan Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, para Wakil Rektor, Dekan lingkup Unhas, dekan FIKP beserta jajaran pimpinan lingkup FIKP Unhas.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FIKP Unhas Prof Safruddin menjelaskan, berbagai capaian fakultas dalam usianya yang ke-28 tahun. Meskipun masih relatif muda dibandingkan kebanyakan fakultas lainnya, namun FIKP telah mencatatkan sejumlah prestasi dan kontribusi signifikan untuk mendorong peningkatan capaian Unhas.

“Puncak perayaan ini bukan merupakan euforia dan hura-hura, tetapi menjadi pengingat untuk terus berkontribusi bagi kemajuan Unhas dan pengembangan kelautan di Indonesia,” jelas Prof Safruddin.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof JJ memberi apresiasi atas berbagai capaian yang telah diperoleh FKIP Unhas, disertai harapan agar pada usia yang ke-28 tahun ini, FIKP dapat semakin meningkatkan kontribusinya terhadap kemajuan Unhas dan terus berperan strategis dalam penyiapan SDM kelautan dan perikanan untuk mendukung pembangunan nasional dan internasional.

Lebih lanjut, Prof JJ juga mengharapkan FIKP Unhas bisa terus menghasilkan para lulusan profesional yang mampu memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan sektor kelautan perikanan Unhas.

Prof JJ juga menekankan pentingnya peran FIKP dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Ia berharap fakultas ini terus menjadi pusat inovasi dan penelitian yang mampu memberikan kontribusi positif bagi keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan.

“Peran FIKP kedepan akan semakin strategis. Apalagi pada tataran global, Sustainable Development Goals atau SDGs menetapkan pada tujuan ke-14 untuk memperhatikan ekosistem laut. FIKP sangat berperan strategis untuk mendorong keterlibatan Unhas dalam hal tersebut, semoga FIKP bisa semakin jaya dan berperan positif untuk pembangunan bangsa,” jelas Prof JJ.

Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Rektor Unhas didampingi Dekan FIKP dan pimpinan lainnya. Pada puncak perayaan dies natalis ke-28 ini juga dijadikan sebagai momentum untuk memberikan penghargaan berupa cenderamata kepada dosen purnabakti FIKP sekaligus serah terima jabatan Tenaga Kependidikan yang pindah tempat kerja.

Seluruh rangkaian kegiatan pada puncak perayaan dies natalis ke-28 FIKP Unhas berlangsung lancar, ditutup dengan foto dan makan siang bersama serta acara hiburan lainnya yang telah disiapkan oleh panitia. (*/)

News Feed