English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor Unhas: Jeneponto Adalah Universitas Kehidupan bagi Mahasiswa yang Ber-KKN

FAJAR, JENEPONTO-Rektor Universitas Hasanuddin Prof Jamaluddin Jompa mengunjungi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 111 di Lapangan Passamaturukang, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Minggu (28/1). Turut serta dalam rombongan Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Muh Ruslim, Ketua Senat Akademik Prof Baharuddin Thalib, Wakil Rektor IV Prof Adil Maulana, dan sejumlah dekan dari berbagai fakultas di Unhas.

Kunjungan ini dilakukan untuk monitoring dan evaluasi proses KKN yang telah berlangsung sejak 28 Desember 2023. Acara ini juga diisi dengan kegiatan donor darah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto dan Palang Merah Indonesia (PMI) Jeneponto. Selain itu, diadakan pameran hasil-hasil kegiatan dan produk inovasi pemberdayaan dari mahasiswa KKN.

Di kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa menekankan pentingnya peran masyarakat dan pemerintah daerah dalam mendukung kegiatan KKN. “Jeneponto adalah universitas kehidupan bagi mahasiswa yang ber-KKN. Terima kasih kepada Pemda Jeneponto dan masyarakat yang telah mendampingi anak-anak kami,” ujar Prof Jompa.

Sementara Kasubdit Pendidikan Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat Dr Syarifuddin Mabe Parenreng, menyampaikan bahwa program KKN ini akan terus berbenah mengikuti tuntutan pembelajaran yang terus berkembang berada di bawah koordinasi Direktorat Transformasi Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran.

“KKN menjadi kunci utama dalam menggerakkan roda tri dharma perguruan tinggi, terutama di bidang pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, KKN akan terus bertransformasi dan berinovasi dalam isu-isu pemberdayaan masyarakat yang relevan,” jelas Syarif.

Dalam acara tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof Muhammad Ruslin, menyerahkan secara simbolis teknologi biosand filter water kepada pihak Pemda Jeneponto. Produk-produk UMKM berbasis kearifan lokal juga diserahkan oleh Rektor Unhas, mencakup berbagai barang seperti minyak kuda, kopi, keripik talas, dan lain-lain, yang dikembangkan oleh peserta KKN bersama masyarakat Desa Bontolebang, Kassi, dan Samataring.

Acara ini dihadiri oleh peserta KKN Unhas Gelombang 111, kerjasama dengan pemerintah daerah, UPTD Kesehatan Kabupaten Jeneponto, PMI Kabupaten Jeneponto, dan masyarakat Kabupaten Jeneponto. .

Kunjungan ini menegaskan komitmen Universitas Hasanuddin dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan inovasi lokal melalui program KKN, yang memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Jeneponto.

Kuliah Umum di Depan Pelajar SMA Jeneponto

Sebelumnya Rektor Unhas Prof. JJ memberikan kuliah umum di depan ratusan mahasiswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat di Jeneponto yang sementara melakukan try out test SMPTN yang dilakukan oleh Himpunan Pelajar Mahasiswa Turatea Unhas (HPMT) bekerja sama dengan IKA Unhas Jeneponto Komisariat Unhas dan Pemkab Jeneponto.

Di acara tersebut Prof Jompa menyampaikan motivasi agar pelajar dari Jeneponto terus semangat dalam belajar dalam mencapai cita-citanya. “Jangan rendah diri dan berkecil hati apabila mengalami rintangan dalam meraih impian masa depan. Gantungkan cita-citamu setinggi langit dan kalaupun jatuh akan berada di antara bintang-bintang,” ujar Prof. JJ mengutip Bung Karno.(*)

News Feed