English English Indonesian Indonesian
oleh

Terus Tingkatkan Kesadaraan Masyarakat, Aliyah Bersama Kemenkes Gelar Edukasi Penggunaan Obat Rasional

MAKASSAR, FAJAR — Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama Kemenkes RI terus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penggunaan obat yang benar. Caranya melalui edukasi penggunaan obat rasional melalui gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat).

Diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat di Kota Makassar, edukasi digelar di Gedung Graha Pena, Kamis, 25 Januari 2024.

“Pemahaman tentang penggunaan obat secara benar bukan hanya untuk kalangan apoteker, tetapi ada hal hal mendasar yang harus dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat selaku konsumen,” ungkap Aliyah Mustika Ilham.

Ditekankan Aliyah, kurangnya pemahaman akan penggunaan obat rasional, akan memberi dampak kepada masyarakat yang secara serampangan meminum obat-obatan.

“Resiko dapat meningkat apabila konsumen meminum obat tanpa resep dari dokter, dan tidak memiliki pemahaman akan efek samping dari obat,” tekannya.

Untuk itu, melalui kegiatan edukasi Aliyah turut menghadirkan Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Prov Sulsel, dr H Eko Nugroho, serta dari Dinas Kesehatan Kota Makassar, Apoteker Madya, Apt Nurhayati selaku narasumber.

Nurhayati menjelaskan berbagai masalah penggunaan obat yang terjadi pada masyarakat saat ini diantaranya, penggunaan obat OTC (Over The Counter) atau obat bebas terbatas secara berlebihan, penyalahgunaan obat tanpa pengetahuan, dan informasi yang kurang memadai dapat memicu timbulnya masalah pada kesehatan.

Kemudian penggunaan obat resep tanpa pengetahuan dan informasi yang memadai dapat menyebabkan tujuan pengobatan tidak tercapai.

News Feed