English English Indonesian Indonesian
oleh

Terus Tingkatkan Kesadaraan Masyarakat, Aliyah Bersama Kemenkes Gelar Edukasi Penggunaan Obat Rasional

“Serta kurangnya pemahaman masyarakat dan informasi yang memadai misal pada penggunaan antibiotik,” bebernya.

Adapun beberapa masalah penggunaan obat yang tidak rasional, kata dia, sebagian besar didasari oleh pemberian resep yang tidak sesuai, penggunaan antibiotik yang tidak tepat, polifarmasi, penggunaan injeksi yang berlebihan, ketidak patuhan pasien dan pembelian obat yang tidak sesuai aturan.

“Dibeberapa kasus, banyak sekali masyarakat yang menggunakan obat-obatan dengan dosis yang kurang tepat atau tidak sesuai dosis karena tidak berkonsultasi langsung dengan dokter. Sehingga menyebabkan tubuh kita menjadi kebal terhadap obat, dan membuat penyakit tersebut semakin sulit untuk diobati bahkan menimbulkan penyakit baru,” ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat menyadari agar lebih berhati-hati dalam memilih dan menggunakan obat-obatan. Apabila membeli obat, baca aturan pakai. Dan lebih baiknya, periksakan ke dokter, puskesmas, atau rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Seluruh peserta menyambut dengan sangat antusias dan penuh apresiasi, karena selama ini Aliyah Mustika Ilham tak henti hentinya memberikan edukasi dan pemahaman terkait kesehatan guna peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.(maj)

News Feed