English English Indonesian Indonesian
oleh

Unismuh Makassar Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih prestasi yang membanggakan dengan dianugerahi akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal tersebut tertuang dalam laman Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) BAN PT, Selasa, 23 Januari 2024. Dalam laman tersebut, Unismuh ditetapkan meraih akreditasi Unggul dengan nilai sebesar 368.

Pekan lalu, 14-16 Januari 2024, empat asesor BAN PT telah melakukan verifikasi dan validasi komprehensif terhadap Laporan Evaluasi Diri (LED) yang disampaikan oleh Unismuh.

Empat asesor tersebut, yakni Prof Mulyono Baskoro dari Institut Pertanian Bogor, Prof Adang Suhendra dari Universitas Gunadarma, Prof Asaril Muhajir dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dan Prof Andi Sularso dari Universitas Jember.

Proses asesmen meliputi observasi sarana prasarana kampus, verifikasi dokumen, serta wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni, dan stakeholder.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menyampaikan rasa syukur kepada Allah swt, atas keberhasilan unismuh meraih akreditasi unggul dari BAN-PT. Ia menekankan bahwa capaian ini adalah bukti dari kerja keras, dedikasi, dan komitmen seluruh civitas akademika Unismuh dalam memajukan standar pendidikan dan kualitas akademis.

“Terima kasih kepada segenap sivitas akademika, para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Badan, Lembaga, dan Biro, Wakil Dekan, dan terkhusus tim task force akreditasi dibawah komando Badan Penjaminan Mutu, sekali lagi terima kasih,” pungkas Ambo Asse.

Prof Ambo Asse juga menyatakan bahwa akreditasi unggul ini merupakan pengakuan akan standar tinggi yang dijaga oleh Unismuh dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, serta komitmen berkelanjutan mereka terhadap peningkatan kualitas pendidikan tinggi.

Wujud komitmen Unismuh menjaga kualitas mutu, lanjut Ambo Asse juga ditunjukkan dengan pengakuan internasional dengan pencapaian sertifikat ISO 21001:2018 beberapa waktu lalu.

“Demikian pula akreditasi internasional ASIIN yang telah dicapai oleh Prodi Sarjana Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter FKIK Unismuh,” kata Ambo Asse, usai mengikuti Pembukaan Pameran Pendidikan Tinggi LLDIKTI Wilayah IX di Hotel Claro, Selasa, 23 Januari 2024.

Pernyataan itu disampaikan Ambo Asse didampingi Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Prof Gagaring Pagalung, Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi, dan Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismuh Dr Burhanuddin.

Sebelum meraih akreditasi Institusi Unggul, 11 prodi di Unismuh juga telah meraih akreditasi Unggul, dan 9 telah mencapai akreditasi A. Sebagian lainnya terakreditasi Baik Sekali dan B.

Nakhoda Unismuh itu menegaskan, pencapaian ini merupakan langkah penting dalam perjalanan Unismuh untuk terus berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan mempersiapkan generasi muda yang berdaya saing tinggi di kancah global.

Dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) se- Indonesia, Unismuh merupakan kampus ke 9 yang meraih akreditasi Unggul dari BAN – PT. Bahkan Unismuh merupakan PTMA pertama di Indonesia Timur yang meraih capaian tersebut. (wis/*)

News Feed