English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa KKNT Unhas Bekali Siswa Jeneponto Keterampilan Website

FAJAR, JENEPONTO-Mahasiswa KKNT Teknologi Tepat Guna Gel. 111 Unhas di Desa Lebang Manai, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, baru-baru ini melaksanakan kegiatan pengajaran pembuatan website di SMKN 2 Jeneponto. Acara ini melibatkan siswa-siswi kelas 11 dan 12 jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) yang menarik minat tinggi.

Menurut Iyan, salah satu guru di SMKN 2 Jeneponto, jurusan TKJ memiliki peminat paling banyak dan siswa-siswinya lebih aktif dalam proses belajar dibandingkan jurusan lainnya. Pada kesempatan itu, M Noor Ravi Deevan, mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Unhas, memperkenalkan cara pembuatan website dan memberikan praktik langsung di laboratorium komputer.

Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa KKNT tidak hanya mengajarkan pembuatan website dan program unggulan, tetapi juga memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMKN 2 Jeneponto untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menanggapi hal ini, Kurniati, Kepala Sekolah SMKN 2 Jeneponto, menyatakan, hanya sekitar 10% siswa yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan, dan kurangnya pengetahuan luas mengenai dunia perkuliahan menjadi salah satu faktor utama.

Sebagai respons, mahasiswa KKNT berinisiatif memperkenalkan Unhas serta jalur masuk dan persyaratan yang berlaku. Meskipun di jurusan TKJ keinginan untuk melanjutkan pendidikan tinggi cukup tinggi, masih ada kebingungan di antara siswa-siswi mengenai pilihan jurusan yang sesuai.

“Ilmu perkuliahan itu penting dan banyak ilmunya yang tidak akan ditemukan di tempat lain, mulai dari sekarang pikirkan jurusan apa yang kalian minati,” ujar Ravi kepada para siswa.

News Feed