English English Indonesian Indonesian
oleh

Universitas Patompo Gelar Edu Tour ke Malaysia dan Singapura

FAJAR, MALAYSIA– Universitas Patompo menggelar agenda edu tour ke dua negara, Malaysia dan Singapura. Ini dilakukan dalam rangka membuka cakrawala, juga meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen.

Edu tour ini dipimpin langsung oleh Direktur Universitas Patompo Makassar, Elpisah. Rombongan sudah melawat ke Negeri Jiran dan Singapura dan akan berada di sana selama 5 hari, mulai 15 Januari lalu sampai 19 Januari mendatang.

Dalam lawatannya, 40 peserta yang ikut dalam rombongan mengunjungi sejumlah sekolah dan kampus di Malaysia, seperti Sekolah Kebangsaan King George V, juga Institut Terjemahan dan Buku Malaysia (ITBM).

Di Sekolah Kebangsaan King George V, rombongan diterima langsung oleh kepala sekolah, Zakri Bin Abdul Azis. Di sana, mereka disambut meriah dengan tarian dan musik tradisional Malaysia. Sedangkam di ITMB, rombongan diterima secara khusus oleh Direktur ITBM, Ncik Sakri Abdullah.

Kata Doktor El, (sapaan akrab Elpisah) edutour ini menjadi hal yang sangat penting bagi pengembangan kualitas dan cakrawala mahasiswa. Sebab ini seiring dengan program utama kampus terkait pembelajaran, penelitian dan pengabdian.

”Ada tiga hal yang penting dalam proses akademik di Universitas Patompo, pembelajaran, penelitian dan pengabdian. Ini semua bisa diperoleh dengan melakukan kunjungan ke sekolah atau kampus luar negeri. Aura dan iklim akademik terasa sekali di sini,” ujarnya, Rabu, 17 Januari.

Lebih lanjut Doktor El mengatakan, selama lima hari berada di dua negara tersebut, para peserta edutour menyempatkan diri berwisata di berbagai spot. Mulai Menara Kembar Petronas, Batu Caves, Genting, Merlion Park, Universal Studio dan lainnya.

”Karena pengalaman sangatlah penting. Kita bisa mengambil banyak hal positif dari tempat-tempat yang kita kunjungi. Harapannya, ada aura positif dan berbagai hal baik yang bisa dibawa pulang dan diterapkan,” kata El.

Kepala Sekolah Kebangsaan King George V, Zakri Bin Abdul Azis mengaku senang atas kunjungan rombongan edutour Universitas Patompo. ”Ini hal baik yang harus disambut dengan baik pula. Terima kasih atas kepercayaan mengunjungi sekolah kami,” ungkapnya.

Sementara Direktur ITBM, Ncik Sakri Abdullah juga melontarkan apresiasi serupa. Mereka mengaku dapat banyak hal positif dari sharing dan berbagi pengalaman bersama peserta edutour Universitas Patompo.

”Tentu banyak hal baru yang kami dapatkan dari rombongan. Kami juga berbagi banyak hal mengenai pendidikan dan pengabdian. Semoga sharing ini menjadi hal baik dan berdampak besar kepada orang banyak,” kata dia.

Selama melakukan edutour Malaysia-Singapura, Universitas Patompo dipandu tour guide dari PT Decimal Education Center, yang dipimpin Tour Leader PT DEC, Roaz Al Rasyid. ”Pokoknya semua lucu-lucu dan smart,” ujar Roaz. (wid)

News Feed