English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa KKNT Unhas Gali Potensi Desa Lebang Manai

FAJAR, MAKASSAR-Desa Lebang Manai, yang terletak di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, ternyata menyimpan potensi besar yang belum sepenuhnya dikembangkan. Mahasiswa KKNT Teknologi Tepat Guna Universitas Hasanuddin Gel.111, yang terdiri dari berbagai fakultas, yaitu Dwi Kurniawan (Peternakan), Dewi Sukmini Rahmat (Pertanian), Cindy W (Mipa), M. Noor Ravi Deevan (Teknik), Khaidir Alif (Teknik), Ahmad Taslim Munawwar Mulyadi (Ilmu Ekonomi dan Bisnis), Haenal Suli’ (Peternakan), A. Rida Nurhidayat (Ilmu Kelautan dan Perikanan), dan Fitrah Try Ramadhani (Ilmu Budaya), bersatu untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi desa ini.

Desa Lebang Manai, yang dikenal sebagai penghasil sayuran terbesar di Kecamatan Rumbia, memiliki keindahan alam yang menarik, seperti air terjun, pemandangan gunung, kebun, dan lembah. Desa ini juga sangat religius.

Namun, sayangnya, kurangnya perhatian dari pemerintah dan keterbatasan teknologi membuat desa ini kehilangan ciri khasnya. Keindahan yang seharusnya menjadi identitas masyarakat setempat lambat laun memudar.

Masyarakat desa ini juga memiliki banyak kebun seperti padi, jagung, kopi, cabai, cengkeh, daun bawang, dan berbagai sayuran. Namun, hasil panen mereka seringkali langsung dijual ke kota tanpa adanya pengelolaan lebih lanjut, sehingga potensi keuntungan yang lebih besar tidak tercapai. Mahasiswa KKNT Universitas Hasanuddin Gel.111 bertekad untuk membantu mengembangkan potensi ini.

Fitrah Try Ramadhani, salah satu mahasiswa KKNT mengungkapkan, selain potensi pertanian, desa ini juga memiliki banyak warisan berupa pepohonan buah-buahan seperti jambu, mangga, alpukat, rambutan, durian, dan lainnya. Namun, desa ini belum mendapatkan perhatian yang cukup dari pemerintah, sehingga keberlanjutan dan pengembangan potensi tersebut menjadi terhambat.

Termasuk dibutuhkannya dukungan untuk membangkitkan tempat wisata, seperti air terjun. Meskipun desa ini memiliki potensi wisata yang besar, akses jalan yang kurang memadai membuat tempat-tempat tersebut sulit dijangkau. KKNT Unhas ini berharap dapat memberikan kontribusi positif untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh Desa Lebang Manai agar dapat membangkitkan potensinya. (*/)

News Feed