English English Indonesian Indonesian
oleh

PSG vs Toulouse: Berburu Trofi Pertama

FAJAR, PARIS—Paris Saint-Germain (PSG) akan menghadapi Toulouse di Piala Super Prancis, dini hari nanti. Trophee des Champions ini akan jadi trofi pertama yang bisa diraih pelatih Luis Enrique.

Enrique mendapat kesempatan meraih gelar di pertengahan musim setelah PSG menjadi kampiun Ligue 1 musim 2022/2024. Sementara Toulouse yang menjadi penantang mereka merupakan kampiun Coupe de France.

Sejak 2013, PSG mendominasi Trophee des Champions. Mereka tercatat meraih 10 trofi. Satu-satunya kegagalan mereka adalah ketika kalah 0-1 dari Lyon 2021 silam.

Anak asuh Luis Enrique menemukan kembali performa terbaik mereka menjelang akhir tahun 2023 setelah awal yang kurang konsisten. Mereka mengakhiri tahun kalender di puncak Ligue 1 dan lolos ke babak sistem gugur Liga Champions.

Dengan laga Piala Super Prancis kali ini akan berlangsung di Parc des Princes, mereka jelas akan kembali menjadi favorit. “Parc des Princes adalah kekuatan kami. Kami sangat percaya diri ketika kami memiliki pendukung kami,” kata Kapten PSG, Marquinhos di situs klub.

Pelatih PSG, Luis Enrique sementara itu berharap mereka bisa melanjutkan tren positif di 2023. Bagi dia, konsistensi akan menjadi kunci utama bagi mereka.

“Kami baru menjalani separuh musim, musim kedua akan sangat menarik, kami harus bermain lebih banyak dan bekerja lebih keras untuk memenangkan gelar. Ini adalah tujuan kami. Kami ingin konsisten dalam kinerja, itulah prinsip panduan kami,” ujarnya.

Juru taktik Spanyol itu juga memastikan semua lawan akan menjadi ujian tersendiri. “Anda harus tahu bahwa setiap pertandingan berbeda, dan kami tidak pernah mempersiapkannya dengan cara yang sama,” ujarnya.

Di kubu Toulouse, pelatih Carles Martinez Novell yang menutup 2023 dengan kekalahan 1-2 dari AS Monaco berharap mereka bisa memulai 2024 dengan baik.

“Kami sekarang berada dalam fase di mana kami harus menang untuk membuka kunci mental kami. Jika Anda tidak mencetak gol, mustahil untuk menang,” katanya di Les Violets.

Daftar cedera PSG cukup banyak. Ousmane Dembele menjadi pemain terbaru yang mengalami masalah hamstring. Kiper cadangan Arnau Tenas juga akan absen karena masalah bahu.

Sementara Toulouse, Zakaria Aboukhlal, Oliver Zanden, dan Mikkel Desler tampaknya belum bisa bermain dini hari nanti. Niklas Schmidt juga diragukan, tapi kemungkinan dia bisa tampil dari bangku cadangan.

Kedua tim bermain imbang 1-1 pada pertemuan pertama mereka musim ini di Ligue 1. Akan tetapi, pertandingan itu berlangsung pada awal masa kepemimpinan Enrique. (amr/*)

Agenda Laga
Kamis, 03.45 WITA

Prakiraan Pemain

PSG (4-3-3): Donnarumma; Hakimi, Skriniar, Marquinhos, Hernandez; Ugarte, Zaire-Emery, Vitinha; Asensio, Ramos, Mbappe

Toulouse (4-2-3-1): Restes; Mawissa, Costa, Nicolaisen, Suazo; Casseres, Spierings; Donnum, Gelabert, Magri; Dallinga

News Feed