English English Indonesian Indonesian
oleh

Fakultas Kedokteran UNM di Parepare Siap Terima Maba di 2024

FAJAR, MAKASSAR-Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Husain Syam, mengumumkan bahwa Surat Keterangan (SK) Program Studi (Prodi) Kedokteran di Fakultas Kedokteran (FK) UNM akan segera terbit pada awal Januari 2024. Hal ini membuka peluang penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2024/2025.

Meskipun beberapa pejabat telah dilantik, Prof. Husain Syam mengakui bahwa Dekan beserta jajaran FK belum dilibatkan dalam proses pelantikan. “Seharusnya saya sudah melantik dekannya dengan seluruh pejabatnya, tapi saya lupa sama WR II. Makanya dalam waktu dekat ini akan dilakukan pelantikan,” ungkapnya.

Prof. Husain menyampaikan rencana pelantikan Dekan FK dan jajarannya akan dilaksanakan pada bulan Januari atau paling lambat Februari 2024. Selain itu, ia menambahkan bahwa pihak UNM akan segera mengumumkan jumlah mahasiswa yang akan diterima pada proses penerimaan mendatang.

Wakil Rektor 1 UNM, Prof. Hasnawi Haris, menegaskan bahwa pendirian Prodi Kedokteran merupakan komitmen UNM untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Hasnawi, yang juga merupakan mantan Dekan FIS dua periode, menyatakan bahwa pembukaan Prodi Kedokteran mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Parepare dan Universitas Hasanuddin sebagai perguruan tinggi pendamping.

“Pendirian Prodi Kedokteran ini merupakan hasil perjuangan dua tahun. Semoga niat suci ini mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan,” jelasnya.

Langkah UNM dalam mendirikan Prodi Kedokteran sejalan dengan kebutuhan dokter di Indonesia yang masih tinggi. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Indonesia masih kekurangan 270 ribu dokter. Upaya ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemenuhan kebutuhan tenaga medis di Tanah Air. (wis/*)

News Feed