English English Indonesian Indonesian
oleh

Bestra JBSI UNM Juara Umum di FTMI XVII

FAJAR, MAKASSAR-Menampilkan pementasan teater yang berjudul “Tannia”, Bengkel Sastra (Bestra) Dewan Mahasiswa (DEMA) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNM berhasil keluar sebagai Juara Umum Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) XVII 2023. Pentas FTMI ini berlangsung di Gedung Kesenian Makassar, 13-15 November 2023.

Kepala Suku Bestra DEMA JBSI FBS UNM Muh Arfan merasa bersyukur telah kembali membawa pulang juara umum. Juara umum tersebut merupakan yang ke empat kali selama FTMI digelar. “Semoga melalui FTMI ini bisa mengembangkan dunia teater di Sulselbar,” katanya kepada FAJAR, Jumat, 17 November.

Pemimpin Produksi Bestra DEMA JBSI FBS UNM, Nur Hikmah Aulia menjelaskan bahwa naskah yang ditampilkan bercerita tentang berbagai macam gelar yang diberikan kepada bangsawan di Sulsel yaitu Andi’, Karaeng, Puang, Datu’, Daeng, Mara’dia, dan lain sebagainya.

“Gelar itu tidak serta merta diberikan kepada seseorang karena ada beberapa syarat yang harus dimiliki, yaitu dia harus memiliki salah satu sifat dari to-panrita (pemimpin kerohanian), to-acca (cendekiawan, orang pintar), to-warani (pemberani, pahlawan), to-sugi (orang kaya, pengusaha), dan ade’tomapparenta (pemimpin pemerintah),” jelasnya.

“Dia harus termasuk dalam golongan arung/anakarung (kaum bangsawan keturunan to manurung) atau to-deceng/to-maradeka (yang mempunyai sebuah tanah/kampung),” tambah mahasiswa JBSI FBS UNM ini.

Lebih lanjut, Nur Hikmah menambahkan bahwa seiring berkembangnya zaman, gelar-gelar itu sudah tersebar di nama-nama seseorang, meskipun bukan dari keturunan bangsawan. Sehingga di zaman sekarang akan sulit mendeteksi keturunan seseorang. “Pada naskah Tannia ini, akan diceritakan mitos yang berasal dari suku bugis, tentang bagaimana mendeteksi keaslian keturunan seseorang,” lanjut mahasiswa semester lima ini.

FTMI XVII diselenggarakan oleh Biro Kegiatan Mahasiswa Fakultas (BKMF) DE ART Studio Fakultas Seni dan Desain (FSD) UNM dan Serikat Pencinta Seni Sastra Indonesia (SPaSI) IMSI Unhas menjadi tuan rumah FTMI XVIII untuk penyelenggaraan 2024. (ams/*)

News Feed