English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa dan Dosen ITBM Balik Diwa Pengabdian di Wilayah Pelosok

MAKASSAR, FAJAR — Atensi pemerataan pendidikan hingga pelosok, mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Maritim (ITBM) Balik Diwa lakukan pengabdian masyarakat di salah satu sekolah yang ada di daerah pelosok yakni Madrasah Aliyah (MA) Sicini. Yang merupakan sebuah yayasan dari Karaeng Toa Sicini yang ada di wilayah Kecamatan Parigi, Desa Sicini, Kabupaten Gowa.

Dosen Pembimbing Pengabdian ITBM Balik Diwa, Tri Widayati Putri mengatakan, pendidikan merupakan proses penting dalam kehidupan individu dan masyarakat. Hal ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membentuk karakter, nilai, dan kesempatan untuk menciptakan perubahan positif dalam kehidupan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

“Akan tetapi Pendidikan yang tidak merata menjadi masalah serius yang masih dihadapi banyak daerah, terutama di wilayah pedesaan,” ucapnya.

Wanita yang juga merupakan Ibu Bhayangkari itu mengatakan pendidikan di desa merupakan isu yang sangat penting dalam upaya mencapai peningkatan pendidikan di seluruh wilayah. Seperti Desa Sicini merupakan salah satu desa dalam wilayah Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa.

Wilayah Desa Sicini secara umum mempunyai ciri geologis berupa daerah pegunungan dengan hamparan padang ilalang yang dijadikan sebagai tempat rerumputan penggembalaan dan hutan yang didominasi oleh berbagai jenis kayu hutan alam, serta Desa Sicini termasuk wilayah hutan lindung, selain berupa hutan, Desa Sicini juga merupakan daerah persawahan yang umumnya sawah tadah hujan.

News Feed