English English Indonesian Indonesian
oleh

Kerja Sama Berbagai Bidang Perkuat Hubungan RI-Mesir

FAJAR, KAIRO- Kedutaan Besar RI di Kairo menggelar Resepsi Diplomatik dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI di taman Wisma Duta KBRI Kairo. Acara dihadiri oleh para pejabat tinggi Mesir, dipomat dan Atase Pertahanan negara-negara asing di Mesir, para pengusaha, serta mitra kerja KBRI Kairo.

Duta Besar RI, Lutfi Rauf dalam sambutannya menuturkan, hubungan Indonesia-Mesir kian hari makin menguat. Hal ini dapat dibuktikan dengan terlihatnya kemajuan hubungan dan kerja sama kedua negara di berbagai bidang, seperti perdagangan, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan.

Saat ini terdapat 13.000 mahasiswa indonesia di Mesir yang mayoritas belajar di Universitas Al-Azhar, salah satu universitas islam tertua yang terus mempromosikan dan meningkatkan pengajaran dan nilai wasathiah dalam beragama.

Ia pun memberi apresiasi dan terima kasih pada Pemerintah dan masyarakat Mesir yang menyambut mereka dan memberi kesempatan untuk tinggal dan belajar di Mesir.

Di bidang ekonomi, Lutfi menyampaikan bahwa kerja sama Indonesia-Mesir di bidang ekonomi dan perdagangan terus bertumbuh selama 10 tahun terakhir. Di masa sulit pandemi Covid-19, Mesir dan Indonesia terbukti berhasil meningkatkan nilai perdagangan bilateral sebesar 56 persen.

Namun, Indonesia dan Mesir bukan sedang bersaing, tetapi saling melengkapi komoditas perdagangan satu sama lain. Untuk itu, Mesir dan Indonesia harus percaya bahwa melalui komitmen, determinasi, serta kerja keras yang kuat, kedua negara juga akan bisa lulus menghadapi tantangan ekonomi global saat ini.

News Feed