English English Indonesian Indonesian
oleh

Kerja Sama Berbagai Bidang Perkuat Hubungan RI-Mesir

Lebih lanjut, ia bersyukur Indonesia-Mesir akhirnya menandatangani MuU Pembentukan Komite Perdagangan Bersama di Kairo, pada Mei 2023 lalu. Komite tersebut sangat penting untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan potensi kerja sama ekonomi besar yang masih belum termanfaatkan antara kedua negara.

Di sela-sela acara dan dengan disaksikan para Dubes ASEAN, Dubes Lutfi Rauf melakukan prosesi pemotongan kue berwarna merah putih, sebagai rasa syukur kepada Yang Maha Esa sekaligus menandakan 78 tahun kemerdekaan Indonesia dan Keketuaan ASEAN tahun 2023.

Keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 memperkuat kolaborasi sesama anggota dan mitra dialog ASEAN. “Kemitraan dan kolaborasi antar negara adalah kunci kesuksesan dalam menghadapi tantangan global yang kita hadapi saat ini sebagai akibat dari pandemi Covid-19 serta krisis pangan dan energi”, ungkap Dubes Lutfi.

Kekuatan Indonesia tahun ini mengusung tema “ASEAN Matters: Epycentrum of Growth”. ASEAN adalah kekuatan ekonomi dengan lebih dari 670 juta penduduk dan telah terintegrasi sejak tahun 2015 sebagai komunitas ekonomi terbesar keempat di dunia, setelah Amerika Serikat, Tiongkok, dan India, dengan gabungan PDB sekitar USD 3,7 triliun pada tahun 2030.

PDB ASEAN tahun 2023 diperkirakan tumbuh 4,6 persen, serta akan tumbuh 4,9 persen pada tahun 2024. Pada tahun 2022, perdagangan ASEAN mencapai USD 3,8 triliun. pada 2022, ASEAN juga menarik investasi asing langsung (FDI) senilai USD 224 miliar, naik dari USD 179,2 miliar pada tahun 2021.

News Feed