English English Indonesian Indonesian
oleh

SMPN 1 Pangkajene Panen Sayur di Kebun Edukasi, Kadis Pendidikan Apresiasi Penuh

FAJAR, PANGKEP– Dorong ketersediaan pangan, SMPN 1 Pangkajene memaksimalkan pengelolaan kebun yang ada di halaman sekolahnya yang terletak di Jalan Andi Mauraga, Kecamatan Pangkajene.

Itu ditandai dengan dilakukannya panen perdana di Kebun Edukasi. Kepala Dinas Pendidikan Pangkep, Dr Sabrun Jamil yang hadir langsung, Rabu (13/9/2023), mengaku inovasi kebun edukasi yang dijalankan SMPN 1 Pangkajene adalah sebuah inovasi yang sangat positif dan mendukung program ketahanan pangan.

Langkah itu katanya, diharapkan tetap berkelanjutan pasca panen yang dilakukan. Ia berharap pelajar SMPN 1 Pangkajene bisa menjadikan kehadiran kebun edukasi ini sebagai langkah awal dalam pembudidayaan dan pemanfaatan lahan di sekitarnya dengan bercocok tanam jenis sayur mayur sepert ini.

“Inovasi ini sangat bermanfaat, karena pelajar sendiri bisa langsung mengambil manfaat edukasi lewat kehadiran kebun di sekolahnya. Apalagi ini ada beragam komoditi yang berhasil ditanam. Seperti kangkung, selada dan jenis sayur lainnya,” paparnya.

Senada dengan itu, Kepala SMPN 1 Pangkejene, Dr Mansyur bersyukur tiga pekan digunakan para guru-guru untuk memdudidayakan sayur-mayur ini berhasil dipanen.

“Alhamdulillah ini adalah panen perdana kita di kebun sekolah. Bisa diambil langsung tentunya ini sangat positif karena kita manfaatkan lahan kosong untuk budidaya sayuran,” ungkapnya.(fit)

News Feed