English English Indonesian Indonesian
oleh

Peran Orang Makassar dalam Sejarah dan Peradaban Maritim Singapura, Jadi Bahasan UMI dan NUS

FAJAR, MAKASSAR-Komitmen Universitas Muslim Indonesia (UMI) menuju World Class University terus ditunjukkan. Salah satunya dengan berkolaborasi bersama universitas luar negeri.

Sebut saja saat ini, kembali berkolaborasi dengan National University of Singapore (NUS). Kali ini untuk membahas Peran Orang Makassar dalam Sejarah dan Peradaban Maritim Singapura.

Kerja sama itu dibahas lewat pertemuan dengan pihak National University of Singapore secara virtual, melalui Zoom, Rabu 16 Agustus.

Wakil Rektor V UMI, Prof Hatta Fattah menjelaskan UMI ingin menelaah lebih jauh tentang sejarah dan peradaban maritim Singapore.

Sebab secara historis, sejak 1815 sampai 1854, ada dominasi orang Bugis Makassar dalam perdagangan dan pelayaran di Singapura.

“Ada catatan sejarah tentang Singapura yang perlu dilihat dari berbagai sudut pandang.
Sebab, sejarah Singapura lebih banyak ditulis oleh orang-orang Inggris,” ucapnya.

Untuk itu, ia sampaikan jika orang-orang Inggis, pasti ada kepentingan dan ada sejarah yang tidak dibuka secara gamlang, karena pertimbangan politik.

Oleh karena itu, pihak UMI memberi masukan agar dibuka kembali bagaimana hubungan dagang masyarakat Makassar dan Singapura, sehingga bisa memperkaya informasi tentang Singapura.

“Di Singapura banyak tempat yang masih menggunakan atau menunjukkan identitas Bugis. Itu menunjukkan ada kiprah orang Bugis Makassar di Singaoura yang ingin kita buka lebih lagi,” tutur Prof Hatta.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa banyak hal yang bisa dikembangkan, utamanya dalam pengembangan sains dan teknologi. Bahkan kedepan akan ada tindak lanjut berupa penandatanganan kerja sama.

“Penandatanganan kerja sama akan dilakukan UMI dan National University of Singapore pada 5 Oktober 2023. Kita akan publikasi peran dan kontribusi orang Makassar dalam sejarah dan peradaban maritim Singapura,” tuturnya.

Lalu Outputnya bisa jurnal, buku, bahkan ada rencana akan menyelenggarakan seminar.
Kolaborasi dengan National University of Singapore dilakukan karena adanya Indikator Kinerja Utama.

UMI menuju World Class University harus bermitra dengan perguruan tinggi yang kategorinya top 100 besar dunia.(wis)

News Feed