English English Indonesian Indonesian
oleh

Tingkatkan Capacity Building dan Literasi Keuangan

MAKASSAR, FAJAR – Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Makassar menggelar pelatihan capacity building dan literasi keuangan kepada para nasabahnya. Ini dilakukan dalam rangka memperingati hari UMKM Nasional pada 12 Agustus 2023, di Hotel Teraskita, Kota Makassar.

Wakil Pemimpin Cabang PNM Makassar, Suryaddin mengatakan, kegiatan ini tidak sekadar seremonial belaka, tetapi juga untuk memberikan bimbingan dan peningkatan kapasitas usaha bagi nasabah pada ranah intelectual capital. Sebab hal ini sangat penting untuk keberlanjutan usaha mereka.

”Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, yang melibatkan nasabah mitra binaan PNM, yakni nasabah Pogram Pembiayaan Usaha Mikro Kecil (PUMK),” ujarnya. Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa pelatihan literasi keuangan dan sosialisasi e-commerce (Padi UMKM).

Dia berharap, UMKM mitra PNM bisa naik kelas. Dari yang awalnya hanya mencakup market offline, nantinya bisa berkembang dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas melalui aplikasi e-commerce. ”Kalau dulunya nasabah hanya transaksi jual beli secara cash atau tunai, diharapkan setelah ikut pelatihan ini bisa lebih berkembang dengan melakukan transaksi cashless,” lanjutnya.

Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan bisa memberikan edukasi kepada nasabah, agar mampu bersaing di era digital. Sehingga, produk mereka bisa berkembang secara berkesinambunagan.

”Ada pembinaan secara berkelanjutan yang kami berikan kepada nasabah. Ada journey untuk UMKM mitra kami, supaya mereka mampu bersaing di era digital seperti saat ini,” jelasnya.

News Feed