English English Indonesian Indonesian
oleh

Kolaborasi TJSL Wujudkan Layanan Prima

MAKASSAR, FAJAR – Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Makassar berkolaborasi dengan Jasa Raharja Cabang Sulsel, dalam melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Pemimpin PNM Cabang Makassar, Maimun Bakri mengatakan, kali ini TJSL yang mereka lakukan adalah penanaman delapan ribu bibit mangrove jenis Rhizophora, di pesisir pantai Untia, Kota Makassar.

Lokasi ini dipilih karena memang banyak nasabah PNM yang ada di sini.”Selain lembaga keuangan untuk UMKM, PNM juga punya tugas TJSL. Kami pilih Untia, karena saat ini ada 4.800 nasabah di sini, dengan nilai outstanding mencapai Rp15,7 miliar,” ujarnya kepada FAJAR, Jumat, 18 Agustus 2023.

Maimun berharap, kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkesinambungan dan semua bibit yang ditanam tetap dijaga, agar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama, sampai pada generasi mendatang.

”Hari ini ada delapan ribu bibit yang kami tanam. Tujuh ribu dari PNM dan seribu dari Jasa Raharja. Kan lagi pemanasan global. Kami berharap ini bisa dijaga, supaya manfaatnya dirasakan sampai anak cucu kita. Kemudian bisa mengingkatkan perekonomian masyarakat juga,” terangnya.

Harapan kami, masyarakat sejahtera ekonominya. Kalau sejahtera kan kriminalitas bisa menurun. Jadi selain ekonomi, perlu diperhatikan juga kondisi sosial dan lingkungan juga okeKepala Cabang Jasa Raharja Sulsel, Iqbal Hasanuddin mengatakan, kolaborasi ini dilakukan agar layanan lebih masif.

Selain itu, juga meringankan BUMN dalam hal menjalankan TJSL mereka.”Kalau ini dilakukan sendiri, cukup berat. Tapi kalau kolaborasi, pasti akan lebih ringan. Memang agenda seperti ini merupakan mandatori dari Kementerian BUMN, supaya program yang dilakukan bukan korp bisnisnya saja, tetapi ada juga TJSL-nya,” bebernya.

News Feed