English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa KKNT Unhas di Tosora Siap Branding Wisata Berbasis Digital

FAJAR, WAJO-Mahasiswa Kelompok Kerja Nyata Tematik (KKNT) Unhas Desa Tosora, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo menggelar seminar program kerja. Acara tersebut dihadiri 100 orang warga Wanua Tosora dan tokoh pemuda dari Organisasi Kepemudaan.

Turut hadir juga Pembina KKNT Unhas Desa Tosora, IKA Unhas Wajo, Kepala Desa Se-Wanua Tosora, Kepala Kecamatan Majauleng, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Ketua Komisi IV DPRD Kab.Wajo.

Kordinator Desa (Kordes) KKNT Unhas Desa Tosora, Firmansyah Demma menyampaikan, ada tiga program utama yang akan dilaksanakan secara berkelompok, selebihnya program kerja individu.

Tiga program kerja yang akan ditawarkan merupakan hasil diskusi mereka setelah melakukan observasi. “Kami menemukan beberapa hal fundamental. Di antaranya diperlukannya branding wisata berbasis digital, pentingnya kesepahaman mengenai sejarah situs, serta pentingnya membangun kesadaran masyarakat akan potensi daerahnya,” terangnya.

Berangkat dari hal tersebut, pihaknya mengusung program kerja pengadaan website Wanua Tosora, seminar kebudayaan, dan pameran desa. Pengadaan website Wanua Tosora sebagai sarana branding digital objek wisata, kedua dengan melaksanakan seminar kebudayaan yang akan mengangkat topik peran pemerintah mendukung objek wisata dan pengembangan UMKM, ketiga dengan membuat pameran desa sebagai program besar yang akan melibatkan semua desa di Wanua Tosora untuk menampilkan potensi desanya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Wajo, Dahniar Gaffar sangat mengapresiasi ide program kerja yang ditawarkan oleh Mahasiswa KKNT Unhas itu.

“Sebagai instansi terkait yang sudah lama mendambakan rancangan seperti ini, tentu kami sangat mengapresiasi dan mendukung program-program anak-anakku sekalian, in Syaa Allah kita godok sama-sama untuk pelaksanaannya,” kata Dahniar.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Wajo, AD. Mayang juga berharap agar pelaksanaan program kerja KKN Unhas itu dapat disinergikan dengan banyak elemen.

“Sangat bagus yah usulan program kerjanya, sesuai dengan kebutuhan kita bersama. Jadi, saya berharap program ini kita laksanakan dengan membangun sinergitas dengan banyak elemen,” harapnya. (*/)

News Feed