English English Indonesian Indonesian
oleh

Selangkah Lagi, PAN Tempatkan Perempuan Legislator di Kursi Pimpinan DPRD Wajo

Banyak Apresiasi PAN Dorong Tokoh Perempuan Andi Merly Iswita, Pimpinan DPRD Wajo

SENGKANG, FAJAR–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wajo akan diisi oleh wajah-wajah lama dan baru untuk periode berikutnya. Itu berdasarkan perolehan suara Pileg 2024.

Ada yang istimewa di DPRD Wajo periode 2024-2029 nanti. Jika sebelumnya kursi pimpinan terlihat “maskulin” alias semuanya diduduki laki-laki, maka tahun ini nuansa “feminin” akan mewarnai DPRD Wajo.

Seorang perempuan legislator berpeluang besar masuk ke jajaran pimpinan. Dia adalah Andi Merly Iswita, caleg terpilih dengan perolehan suara tertinggi di internal PAN. Caleg dari daerah pemilihan (dapil) Wajo VI yang meliputi Kecamatan Sabbangparu dan Pammana.

Rakerda PAN Wajo di Rumah PAN, Jl Rusa, Sengkang, Rabu, 22 Juni 2022, juga menguatkan posisi Andi Merly. Usai raker, seluruh caleg PAN Wajo membuat konvensi yang kemudian hasilnya ditandatangani Ketua dan Sekretaris PAN Wajo, Amran Mahmud dan Elfrianto, lengkap dengan stempel resmi PAN.

Kutipan kesepakatannya: “Kami juga menyepakati bahwa siapapun caleg yang meraih suara terbanyak, akan menjadi pimpinan dan atau Ketua DPRD Wajo”.

Para pihak yang ditemui Redaksi termasuk di antaranya para pengamat politik dan aktivis perempuan memberi tanggapannya.

“Meskipun dipahami bahwa model kepemimpinan partai politik sangat sentralistik, keputusan-keputusan strategis serba DPP. Tetapi komitmen secara internal dari bawah bisa menjadi basis pengambilan keputusan bagi DPP. Pemilihan pimpinan DPRD berbasis suara terbanyak menunjukkan basis legitimasi yang kuat serta tingkat demokratisasi internal partai yang semakin melembaga. PAN sebagai partai pembawa amanah Reformasi harus lebih maju untuk perihal seperti ini,” urai Dr. Andi Luhur Prianto, akademisi sekaligus pengamat politik dari UNISMUH dan lulusan UNHAS yang juga baru saja menyelesaikan Doktornya di UGM.

News Feed