English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim Tari dan Sastra Aksara FIP UNM Pentas di Yogyakarta

FAJAR, MAKASSAR-Tim Tari dan Musikalisasi Puisi Biro Kegiatan Mahasiswa Fakultas (BKMF) Aksara Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) tampil hari ini di Forum Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan, 3-4 Juli 2023.

Tim Tari Aksara FIP UNM akan menampilkan Tarian Kebudayaan Tana Toraja di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai tuan rumah pelaksanaan forum. Sementara, Tim Sastra membawakan Aransemen Musikalisasi Puisi Melepas Matahari karya Suminto A. Sayuti.

Ketua Tim Tari Aksara FIP UNM, Chelyin Gloria Anugrah mengatakan Tarian dari Kebudayaan Tana Toraja ini lebih ke gerakan Tari Manggara Banua. Arti dari gerakan tersebut yakni Peresmian Rumah Tongkonan.

“Jadi tarian ini berangkat dari cerita tradisi masyarakat Toraja sebagai lagu suka menghatur syukur atas utuhnya segala prosesi pendirian rumah adat Toraja Tongkonan,” ujar Chelyn Gloria Anugrah

Lebih jauh, Chelyin menjelaskan, tarian ini berupa sebuah prosesi yaitu mengalir pada netra masyarakat dengan tiga tahapan. Mulai Ma’patorro (meletakkan) anak papa (bilah atap). Peletakan simbolis bilah atap sebagai tanda pekerjaan rumah telah selesai dan dimulainya acara syukuran.

“Pada hari matanna atau hari puncak yang menampilkan tari tarian ucapan syukur dan di hari ini beberapa keluarga membawa hewan untuk disembelih menjadi menu makan bersama dan dibagikan kepada sanak keluarga dan masyarakat yang turut serta membantu dan memeriahkan,” jelasnya.

“Terakhir, dilakukan ma’bubungngi yaitu mengumpulkan kembali sanak keluarga untuk bersilaturahmi agar tidak bercerai berai sebelum pulang ke rantauan atau rumah masing masing. Di hari terakhir ini kadang digelar adu ayam sebagai hiburan sekaligus simbol bahwa suku Toraja adalah sosok pemberani dan pantang menyerah di mana pun mereka berpijak dan merupakan kegiatan akhir dari kegiatan dari acara mangrara banua,” tambahnya.

Ketua Tim Sastra, Aswar Munandar mengatakan pihaknya menampilkan garapan musikalisasi puisi Melepas Matahari. Yakni suatu garapan melankolis yang disajikan dalam alunan musik akustik.

“Jadi untuk garapan musiknya sendiri seluruhnya menggunakan alat akustik, juga tetap menggunakan alat khas Makassar, yaitu suling Makassar,” sebut Aswar Munandar.

Ia mengutarakan, dalam musikalisasi puisi itu setiap pendengar dapat melakukan perjalanan rasa dengan interpretasi masing-masing terhadap kata yang berbaris rapi dalam untaian baitnya.

Mentor Tim Tari Aksara, Shandy Hanafia mengatakan saat ini Tim tari Aksara Fip Unm saat ini sedang dalam performa terbaiknya.

“Jadi sekarang adik-adik penari sangat prima untuk menyampaikan pesan melalui gerak,” kata shandy Hanafia, Selasa (4/7/2023).

Ia berharap, Apa yang telah disajikan oleh Tim Tari Aksara Fip Unm menoreh hasil yang baik.

Mentor Tim Sastra Aksara Fip Unm Muhammad Farid, mengatakan untuk tim sastra sendiri telah selesai mentas dan cukup menghipnotis para pendengar.

“Tak sedikit juga para penonton merasa haru sejalan dengan harmoni musikalisasi puisi,” kata Farid.

Untuk Informasi, Berikut Tim Produksi Aksara dalam event FIP JIP Tahun ini. Pimpinan Produksi : Moech Said Ashar, Tim Dokumentasi : Muh Syarif Hidayatullah dan Tim. Tim Publikasi : Lady Masyuri Marufi
Tim Property : Parawansa dan Aril. Penata Kostum dam Busana : Isty, Immang dan -Ahmad. Penata Musik: Devisi Musik Aksara, dkk.

Adapun, Tim Musikalisasi Puisi: Aswar Munandar, Andi Fitria Ramadhani, M. Fathul Muin, Andi Rumman Pagala BB, Amanah Fitriyah. Sementara Tim Tari: Chelyn Gloria Anugrah, Andi Agustina Rahayu, St. Aisyah Ardhila, Mittaul Hannah, Kiki, Putri Anugrah Syafruna (uca/*)

News Feed