English English Indonesian Indonesian
oleh

Bupati Apresiasi IKA Unhas Wajo, Amran: Semakin Menguatkan Kolaborasi

FAJAR, WAJO-Bupati Wajo Amran Mahmud, menyampaikan apresiasi kepada Ketua Umum IKA Unhas Sulsel yang menurutnya memberi energi baru dengan memaparkan konsep pembangunan wilayah South Sulawesi Initiative.

“Semua sumber daya di Wajo hampir Unhas yang melakukan kajian. Termasuk soal air dan pengembangan wisata Danau Tempe. Wajo punya semua potensi laut, pertanian dan gas,” ujar Amran saat hadiri pelantikan pengurus IKA Unhas Wajo di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Sabtu, 6 Mei.

Saat ini, bebernya sudah ada empat kecamatan dialiri gas rumah tangga.
Ke depannya, sumber daya gas ini bisa dimanfaatkan untuk Sulsel.

“Melalui wadah alumni semakin menguatkan kolaborasi dan networking dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam kita,” ujar alumni Universitas Puang Rimagalatung, ini.

Ketua Ikatan Alumni (IKA Universitas Hasanuddin (Unhas) Wajo Armayani, juga mengajak semua elemen termasuk alumni IKA Unhas untuk aktif memberikan ide dan sumber daya untuk membangun daerah.

Hal ini dikatakan Armayani usai dilantik Ketua IKA Unhas Wilayah Sulsel Moh Ramdhan Pomanto di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Sabtu ,6 Mei 2023.

Sebanyak 93 pengurus turut dikukuhkan untuk masa kepengurusan hingga 2026 mendatang. Pada pelantikan yang mengangkat tema Alumni Unhas Bergerak, Wajo Kuat dan Membanggakan ini, turut hadir sejumlah pengurus IKA Wilayah Sulsel lainnya.

Armayani mengajak semua alumni memberikan karya terbaik bagi universitas dan Wajo sehingga harus bergerak bersama. Terlebih, ungkap alumni Peternakan Unhas angkatan 1984 ini, Wajo memiliki potensi besar di bidang pertanian dengan kondisi geografis memiliki panjang pantai 105 kilometer.

Potensi lain yang perlu dikembangkan, lanjut dia, adalah Danau Tempe. Armayani yang juga Sekda Wajo ini mengungkapkan, Kabupaten Wajo adalah satu-satunya daerah di Sulsel yang memiliki potensi gas.

“Saat ini baru dimanfaatkan untuk energi listrik. Untuk itu mari bersama-sama berkolaborasi membangun daerah. Ini tugas kita semua,” tegasnya di hadapan pengurus IKA Unhas Wilayah dan Daerah , Bupati Wajo dan Forkopimda yang hadir.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Wajo memberi kesempatan berkolaborasi secara intens agar semua alumni dapat berdaya guna.

“Kami berharap Unhas makin berkualitas dan pembangunan di Kabupaten Wajo makin berkembang dengan kolaborasi semua elemen,” tandasnya.

Ketua Umum IKA Unhas Wilayah Sulsel, Moh Ramdhan Pomanto usai melantik pengurus IKA Unhas Wajo juga mengapresiasi Bupati Wajo atas dukungan terhadap alumni Unhas untuk mengembangkan daerah bersama.

“Pengurus daerah IKA Wajo harus berkolaborasi dengan pemkab. Harus ada inisiasi berupa ide- ide unggul untuk pembangunan Sulsel. Pengurus wilayah adalah jembatan antara pengurus daerah dan pusat, penyambung kolaborasi,”ucap Ramdhan Pomanto yang karib disapa Danny.

Di hadapan pengurus yang baru dilantik, Danny membeberkan Konsep South Sulawesi Initiative IKA Wilayah Sulsel yang dibagi berdasarkan otonomi dan anatomi dengan membagi enam inisiatif pengembangan wilayah.

“Wajo merupakan salah satu dari Teluk Bone Inisiatif bersama Bone, Sinjai, Bulukumba, Palopo, Luwu, Lutra dan Lutim yang memiliki banyak potensi. Wajo memiliki paling banyak inisiatif sehingga harus jadi atensi bagi pengurus daerah setempat,” tegas alumni Arsitektur Unhas ini.

Dia mencontohkan, salah satunya adalah tenaga angin yang dapat digunakan memompa air dari danau Tempe untuk mengatasi masalah air.

“Pak Bupati, Unhas siap berkolaborasi dan dampingi bupati untuk memberikan ide dan data- data untuk dimanfaatkan untuk kemaslahatan Wajo dan Sulsel,” tegas Danny. (*/)

News Feed