English English Indonesian Indonesian
oleh

Kemenangan PSM Makassar

Kemenangan PSM Makassar sebagai juara Liga 1 tentunya menjadi kebanggaan seluruh lapisan masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar. Ini merupakan gelar juara pertama bagi PSM Makassar di Liga Indonesia sejak 1999-2000. Tak ayal, keberhasilan tersebut membuat Kota Makassar berpesta pora, merayakan gelar juara yang sudah lama hilang.

Hal ini tidak terlepas dari Wali Kota Parepare, Taufan Pawe memberikan kontribusi dan mengakomodasi Stadion Gelora BJ Habibie dan menjadikan PSM Makassar Juara kasta tertinggi di Liga Indonesia. Apa yang Taufan Pawe lakukan selama ini kini telah membuahkan hasil. Tim kebanggaan Sulawesi Selatan, PSM Makassar berhasil meraih gelar juara Liga 1 Indonesia dan gelar juara ini juga terasa spesial karena PSM Makassar diketahui butuh waktu 23 tahun lamanya untuk kembali merajai kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Ruang dan waktu saat itu seolah tengah menyinkronkan diri. Bunyi peluit wasit itu mengakhiri penantian panjang suporter PSM Makassar, tepat di angka 23. Telah 23 tahun lamanya suporter klub itu menanti gelar juara Liga Indonesia, capaian yang terakhir sebelumnya diraih pada tahun 2000. Tak pelak, suporter dengan warna merah kebanggaan Juku Eja berpesta. Suasana kegembiraan menyeruak di mana-mana, terutama di lokasi nonton bareng yang digelar di berbagai penjuru kota Makassar, mulai dari area permukiman, poskamling, kafe, warung kopi, hingga pusat perbelanjaan.

Suporter PSM Makassar mengapresiasi Wali Kota Parepare Taufan Pawe dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo yang sudah menyediakan markas PSM di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, sementara Adnan mengakomodasi tempat latihan di Stadion Kalegowa. Pemerintah Kota Parepare menyediakan PSM homebase baru ini setelah Stadion Mattoanging belum ada kejelasan dibangun kembali. Suporter PSM Makassar harus melakukan perjalanan jauh dari Makassar ke Parepare untuk mendukung tim kebanggaan dianggap terbalaskan dengan gelar juara.

Kemenangan PSM Makassar menjadi Juara sebaiknya disikapi dengan: The Win Together dan kemenangan besar dan membanggakan dan harus dirayakan bersama. Bahkan kemenangan PSM Makassar patut menjadi motivasi kepada Rakyat Sulawesi Selatan dengan membangkit semangat Ramang yang mampu berbicara di tingkat dunia yang mampu mengalahkan tim-tim elite di Asia Tenggara maupun Tim elite di Benua Asia dan tingkat Internasional. Sepanjang sejarahnya, sejak berdiri pada 2 November 1915, PSM Makassar menjadi salah satu tim elite yang selalu diperhitungkan dalam kancah persepakbolaan nasional. Gelar juara musim ini kian mengukuhkan status tersebut. Ewako, PSM!

News Feed