English English Indonesian Indonesian
oleh

Dukung Konektivitas Infrastruktur IKN, Unhas dan Balai Besar Jalan Nasional Kaltim Jalin Kerja Sama

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kaltim menjalin kerja sama untuk mendukung terciptanya konektivitas infrastruktur jalan di wilayah Ibu Kota Negara (IKN).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua Pokja IKN Unhas, Prof Sakti Adjie Adisasmita dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kaltim, Junaidi di Samarinda, Rabu, 5 April 2023. Wakil Rektor IV Unhas Prof Adi Maulana turut menyaksikan penandatanganan kerja sama tersebut.

MoU tersebut mencakup tridarma dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Hal ini mendukung terciptanya konektivitas infrastruktur jalan di wilayah Ibu Kota Negara (IKN). Selain memastikan konektivitas jalan, Balai Besar juga diberikan tugas lain dalam beberapa bidang seperti bandar udara, pelabuhan, dan lain-lain.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kaltim, Junaidi mengatakan pentingnya kerja sama dengan perguruan tinggi dalam menjalankan tugasnya. Dia menyatakan bahwa Balai Besar membutuhkan dukungan dari perguruan tinggi, dan Unhas dengan Pokja IKN yang terdiri dari guru besar dan pakar dalam berbagai bidang dapat memberikan dukungan dengan kajian ilmiah untuk mengatasi persoalan yang dihadapi di IKN.

Wakil Rektor bidang Kerjasama, Inovasi, Bisnis, dan Wirausaha Unhas, Prof Adi Maulana menyambut baik MoU ini. Unhas berada di garda terdepan dalam mengawal IKN, dan bentuk keseriusannya adalah pembentukan Pokja IKN melalui SK Rektor Unhas di awal tahun 2023. Pokja ini terdiri dari empat cluster bidang ilmu dan bertugas untuk mengkaji isu-isu terkait dengan pembangunan IKN.

Dalam waktu dekat, akan dilakukan penandatanganan beberapa kerja sama antara Balai Besar dan Pokja Unhas. Dengan MoU ini, pintu masuk kerjasama yang lebih operasional telah terbuka, terutama dalam bidang infrastruktur. (*/)

News Feed