English English Indonesian Indonesian
oleh

Prof Basri Modding: Pesantren Darul Mukhlisin Jadi Unggulan UMI

FAJAR, MAKASSAR-Pesantren Darul Mukhlisin Unggulan Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang berlokasi di Padang Lampe-Pangkep, kembali mematangkan beberapa program kerjanya untuk 2023.

Melalui rapat kerja (raker) ada beberapa hal yang dibahas, termasuk mencanangkan pesantren mengikuti perkembangan Smart University. Raker digelar di kampus UMI  Kamis-Jumat, 9-10 Februari 2023.

Direktur Pesantren Darul Mukhlisin Unggulan UMI KH M Zein Irwanto, mengatakan pengembangan kurikulum serta sarana dan prasarana akan dilakukan lagi. Salah satu yang pesantren akan genjot yaitu melibatkan penggunaan teknologi untuk belajar.

Sebab kemajuan teknologi dinilai mampu memberi kemudahan dalam proses belajar santri. Namun terlebih dahulu akan melakukan reinterpretasi dan reakreditasi semua mata pelajaran di Pesantren Padang Lampe.

“Langkah pertama kita harus memperlihatkan dan mempraktekkan saintek dari pengajar di pesantren,” ucapnya.

Tak hanya itu, kata KH Zein, masyarakat sekutar pesantren juga akan dilibatkan dalam aktivitas pesantren. Sehingga masyarakat merasa memiliki pesantren tersebut dan mampu menjaga serta menjadi pengaman pesantren.

Rektor UMI, Prof Basri Modding menyebut saat ini pesantren Darul Mukhlisin sudah menjadi unggulan UMI. Sebab ini berpengaruh dengan apa yang UMI sudah capai.

“Nah sekarang UMI sudah dua kali meraih predikat akreditasi unggul. Kemarin tanggal 10 januari, sudah lolos lagi untuk perpanjangan,” jelasnya.

Apalagi, pesantren ini menjadi bagian dalam akademik UMI. Dimana dalam menjalani masa kuliah, ada tiga tahap sivitas akademika di UMI.

“Mulai dari saat masuk kuliah, dipertengahan masa belajar hingga menjelang akhir kelulusan harus masuk pesantren,” ucapnya. (wis/*)

News Feed