English English Indonesian Indonesian
oleh

Di Balik Pencapresan Anies Baswedan, Pengamat Politik Sebut Ada Lobi JK, Presiden PKS Bilang Begini

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh meyakini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat akan menyatu dalam pengusungan Anies Baswedan sebagai capres pada Pilpres 2024.

“Soal dua partai, baik PKS teman kita, teman kita Demokrat, jujur saja, dari apa perspektif yang saya pahami. Apa yang saya pahami sebagai praktisi politisi, insyaallah semuanya menyatukan pikiran, semangat, dan dekat bersama dengan NasDem. insyaallah,” kata Surya Paloh usai Deklarasi Anies Baswedan Sebagai Capres 2024 di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10).

Menurut dia, hubungan NasDem dengan PKS dan Demokrat baik dan semakin dekat. Jajaran petinggi PKS bahkan sudah mengunjungi NasDem Tower bertemu dengan Surya Paloh. Begitu pula Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).Namun demikian, hingga saat ini antara NasDem, PKS dan Demokrat belum secara resmi melakukan koalisi pada Pemilu 2024.

Pengamat politik, Jamiluddin Ritonga menilai keputusan Partai Nasdem mengusung Anies Baswedan sebagai capres tidak lepas dari peran Jusuf Kalla alias JK. Tanpa ada Lobi-lobi dari JK ke Surya Paloh, Partai Nasdem kecil kemungkinan mengusung Anies di Pilpres 2024.

“JK mampu meyakinkan Surya Paloh bahwa sosok Anies Baswedan paling kompetitif,” kata Jamiluddin, Senin 3 Oktober 2022.

Di sisi lain, Anies Baswedan juga memiliki hubungan yang baik dengan Partai Nasdem. Dosen Universitas Esa Unggul itu menyebut Anies Baswedan yang saat ini masih menjabat gubernur DKI Jakarta merupakan salah satu pendiri Partai Nasdem.

News Feed