English English Indonesian Indonesian
oleh

Daya Saing Industri Udang Lemah, Pengusaha Muda Diharap Berperan

Saya menjadi pembicara terakhir dalam pertemuan itu. Dan memulai bahwa saatnya generasi milenial didorong masuk ke dalam industri udang, karena sebentar lagi sekitar tahun 2028-2030 Indonesia dapat bonus demografi yang harus bisa dimanfaatkan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat oleh generasi milenial.

Beberapa saat setelah dilantik jadi ketum HIPMI, periode 2019-2022, Mardani H. Maming meminta saya, buatkan roadmap atau peta jalan industri udang nasional versi HIPMI.  Peta jalan ini sebagai salah satu referensi penting mendorong agar pengurus HIPMI di daerah memiliki visi dan misi  membangun industri  udang nasional.

Kata Mardani bahwa ini hal penting karena industrialisasi udang bisa jadi andalan kita sebagai sumber devisa negara. Kita memiliki garis pantai terpanjang ke dua di dunia.  Seharusnya menjadi juara dunia dan tidak kalah dari Ekuador, India dan Vietnam yang sumberdayanya jauh lebih kecil dari Indonesia.

Sebagai bentuk komitmennya, di awal Maret tahun 2022 saya diutus ke Amerika Serikat, mendampingi ketua umum HIPMI Jawa Timur, Rois Sunandar melihat dari dekat Seafood ekspo di Boston, sekaligus mengunjungi sejumlah lokasi yang relevan untuk menyempurnakan roadmap yang telah dibuat.

Ada tiga pendekatan utama yang menjadi fokus dalam roadmap itu yaitu di zona satu terkait genetika induk yang harus spesifik lokal agar lebih adaptif dan bisa tumbuh lebih cepat.  Zona dua berkaitan dengan teknologi produksi yang ramah lingkungan serta konstruksi tambak yang efektif, karena kuat dan murah. Zona tiga berkaitan dengan pengembangan hilirisasi yang akan memperbesar value, atau nilai tambah.

News Feed