English English Indonesian Indonesian
oleh

PLTGU Riau Beroperasi, Biaya Pokok Penyediaan Listrik Lebih Murah

“Dengan beroperasinya PLTGU ini, tentu listrik semakin andal dan berkualitas. Apalagi melihat pertumbuhan kebutuhan listrik di Sumatera, 11 persennya datang dari sektor industri. Artinya potensinya besar. Untuk itu kami siap menyambut tantangan memenuhi kelistrikan investor ke depan,” terangnya.

Ia juga menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan Pemprov Riau untuk mendukung kemajuan daerah. “Baik itu pembangunan kawasan ekonomi baru, industri baru, atau juga kawasan industri khusus yang ada dalam perencanaan Pemprov Riau,” sebut Darmawan.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif menuturkan, pengoperasian pembangkit ini bakal memperkuat keandalan pasokan listrik di sistem Pulau Sumatera, khususnya sub-sistem Riau.

“Dengan listrik yang andal, diharapkan dapat menarik investor. Sehingga bisa mendorong tumbuhnya industri menengah dan besar di Pulau Sumatera,” ungkapnya.

Dia menilai PLN telah menunjukkan kesiapannya dalam melayani kawasan-kawasan industri yang membutuhkan daya listrik besar sesuai lokasi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

“Selain itu, dengan pasokan listrik yang cukup dan merata di Provinsi Riau, kami harapkan dapat meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di provinsi ini,” sebutnya.

Wakil Gubernur Riau, Edi Natar Nasution menyambut baik pengoperasian PLTGU Riau. Peresmian pembangkit ini bisa meningkatkan keandalan pasokan listrik sehingga dapat mendongkrak rasio desa berlistrik dan rasio elektrifikasi Riau.

“Pengoperasian PLTGU Riau ini dapat menjadi momen strategis bagi kita semua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

News Feed