English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Tambah Dua Guru Besar dari FIB dan FEB

Sementara itu Prof Alimuddin menjadi Professor dalam bidang Ilmu Akuntansi Manajemen Islam pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang dikukuhkan sebagai guru besar ke-445, membawakan pidato penerimaan berjudul “Akuntansi Manajemen Islam untuk Kehidupan Mashlahah”.

Perkembangan bisnis dan keuangan Islam di Indonesia dan dunia sekarang dan di masa yang akan datang menurutnya membutuhkan tenaga-tenaga akuntan yang handal yang bisa menyusun laporan mashlahah yang mudah diterapkan dan dipahami.

Tantangan bagi profesi akuntan, khususnya profesi akuntan manajemen Islam di masa depan lebih mendalami dan memahami fikih muamalah dan apllikasinya dalam dunia ekonomi dan bisnis serta mengembangkan model sistem informasi keuangan dan non keuangan yag sederhana dan dapat diaplikasikan dengan mudah. Sehingga dapat membangkitkan pelaku usaha dan individu untuk menjalankan akhlak berbisnis yang beriorientasi akhirat.

“Bagi profesi akuntan manajemen Islam Pendidik dibutuhkan kajian yang bersumber dari Al-Qur’an dan as sunnah mencakup akhlak berbisnis yang islami guna merumuskan berbagai metode pembukuan yang bermuara pada kemaslahatan umat dan untuk membangkitkan kreativitas mahasiswa dalam menyajikan informasi yang sesuai dengan ketentuan Allah SWT,” jelas Alimuddin.

Proses pengukuhan dihadiri oleh ketua, sekretaris, dan anggota senat akademik, dewan professor, tamu undangan, serta keluarga besar dari dua professor yang dikukuhkan, di Ruang Rapat Senat, Lantai 2 Rektorat Unhas, Rabu, 23 Maret 2022. (dar/dni)

News Feed