English English Indonesian Indonesian
oleh

Bahagia Tidak Bisa Dibeli dengan Uang

Indeks kebahagiaan seharusnya tidak diabaikan, karena tidak dapat dipungkiri kebahagiaan yang dirasakan oleh seseorang akan mendorong untuk selalu produktif dan selalu berusaha maksimal dalam mencapai tujuannya. Untuk level nasional, di beberapa negara berkonomi maju, indikator kebahagiaan telah dianggap penting bagi perumusan kebijakan publik dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan nasionalnya.

Di level daerah, Khususnya Provinsi Sulawesi Selatan maupun Provinsi Sulawesi Barat masih ada salah satu dimensi yang angkanya belum mencapai 70  yaitu dimensi perasaan. Menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah untuk memastikan warganya mempunyai perasaan baik-baik saja. Indikator penyusun dimensi perasaan diantara lain adalah perasaan tidak tertekan, perasaan tidak khawatir, dan perasaan senang/ceria.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan poin dimensi perasaan dapat dilakukan dengan cara-cara yang membuat perasaan tenang seperti kegiatan berolahraga, refreshing, menenangkan diri, dll. Pemerintah daerah bisa mengoptimalkan fasilitas-fasilitas yang mendukung kegiatan tersebut. Seperti di perbanyak taman ataupun tempat yang indah dengan nuansa alam.

Setelah lelah, penat, sibuk dengan segala jadwal kegiatan kemudian butuh tempat mengupgrade lagi suasana hati sehigga dapat melepas penat dan sembari menenangkan diri, perasaan, serta pikiran yaitu dengan pergi ke tempat-tempat yang indah. Apresiasi untuk Kabupaten Polewali Mandar, Karena memiliki taman kota yang sangat indah dan nyaman sangat cocok untuk menyegarkan kembali pikiran dan perasaan. (*)

News Feed