English English Indonesian Indonesian
oleh

Makassar Recover Mengatasi Krisis Komunikasi Covid-19

Pemerintah Kota Makassar dinilai belum cukup peka terhadap krisis, sehingga membuat komunikasi krisis yang dilakukan tidak mampu mengerakkan masyarakat untuk bisa menerapkan protokol kesehatan. Disamping itu, Β media massa dianggap belum kritis menanggapi Kebijakan Pemerintah kota Makassar terkait penanganan Covid-19, ditambah dengan tingkat akses masyarakat terhadap berita-berita yang benar masih lemah.

Akibatnya, terjadi kesenjangan informasi ditengah masyarakat. Dengan kata lain, media yang berhasil mengedukasi hanya di lingkaran masyarakat yang bisa mengakses berita berkualitas mengenai Covid-19.

Makassar Recover

Berdasarkan Perwali Nomor 5 tahun 2021 tentang Makassar Recover. Dijelaskan bahwa arti dari Recover sebagai pulih, sembuh, mendapatkan kembali kondisi normal seperti sedia kala. Recover sendiri diambil dari singkatan smaRt Emergency protocol against COVid-19 and sERvice.

Dengan kata lain, Makassar Recover Ecosystem sebagai sebuah Program penanggulangan Covid-19 di Kota Makassar yang diimplementasikan dengan menetapkan tiga tahapan utama-yaitu; Immunitas Kesehatan, Adaptasi Sosial dan Pemulihan Ekonomi.

Ketiga tahapan ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kota Makassar, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari program yang dijalankan. Disamping itu, program ini mengidentifikasi dan mengedukasi masyarakat Kota Makassar untuk melakukan adaptasi sosial untuk merubah perilaku sebagai dampak pandemi Covid-19 dengan membangkitkan kembali ekonomi masyarakat Kota Makassar yang selama ini terdampak pandemi Covid-19.

News Feed